Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2013/2014

TAUFIQUL AZIZ, AZIZ (2014) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar siswa kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun 2.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Ekstrakulikuler, dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang bertitik tolak dari hal-hal real atau nyata, menekankan “process of doing mathematics”. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara pendekatan pembelajaran realistik, ekstrakulikuler dan jenis kelamin siswa dalam kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa di SMPN 1 Boyolangu, Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh Pendekatan RME terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (2) Apakah ada pengaruh ekstrakulikuler terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (3) Apakah ada pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. (4) Apakah ada pengaruh pendekatan RME, Ekstrakulikuler, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pokok bahasan bangun datar persegi dan persegi panjang?. Skripsi ini berguna bagi Kepala SMPN 1 Boyolangu, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pemilihan metode dan pendekatan yang tepat yang akan diterapkan di Sekolah demi meningkatkan mutu pengajaran. Bagi para guru Sekolah sebagai dasar pelaksanaan dan pembelajaran sehari-hari untuk siswa. bagi siswa SMPN 1 Boyolangu, sebagai bahan acuan dan renungan bahwa matematika sebenarnya sudah mereka ketahui sebelumnya, dan mereka gunakan dalam kehidupan mereka. Bagi peneliti lain, dapat berguna untuk bahan acuan atau referensi pada penelitian. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. wawancara digunakan untuk menggali data tentang siswa SMPN 1 Boyolangu yang aktif dan ikut kegiatan ekstrakulikuler sedangkan metode dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Pola penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME, ekstrakulikuler, dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika. Dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika (Y) dan variabel bebasnya adalah pendekatan RME (X1) , ektsrakulikuler (X2), dan jenis kelamin(X3). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purpoive sampling yaitu diambil dengan adanya tujuan.penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Boyolangu pada tanggal 14 Maret 2014 - 2 April 2014. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis regresi 3 prediktor dengan uji t dan uji F untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada dan disesuaikan dengan rumusan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: AZIZ TAUFIQUL AZIZ
Date Deposited: 07 Aug 2015 07:45
Last Modified: 07 Aug 2015 07:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item