PROFIL KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA OLIMPIADE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG

SELA OKTAVIANI, 17204163037 (2020) PROFIL KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA OLIMPIADE DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN GAYA KOGNITIF DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Profil Kecerdasan Logis Matematis Siswa Olimpiade pada Materi Trigonometri Berdasarkan Gaya Kognitif di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Sela Oktaviani, NIM: 17204163037, dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Kecerdasan Logis Matematis, Gaya Kognitif, Materi Trigonometri Kecerdasan logis matematis sangatlah dibutuhkan karena kurangnya pemahaman terkait konsep matematika siswa olimpiade dalam memecahkan dan menyelesaikan masalah pada materi Trigonometri. Setiap siswa memiliki gaya kognitif yang berbeda dalam mengolah dan juga menerima informasi dalam soal. Gaya kognitif siswa dibedakan menjadi 2 macam yaitu gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent. Dalam hal ini, kecerdasan logis matematis sangat dipengaruhi oleh gaya kognitif setiap siswa. Oleh sebab itu, kecerdasan yang dimiliki siswa perlu dikembangkan dan diasah dengan banyak latihan dalam mengerjakan soal olimpiade. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan logis matematis siswa berdasarkan tiap-tiap gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent pada materi trigonometri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, menggunakan metode pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Tes yang diberikan adalah tes Group Embedded Figures Test (GEFT) dan tes kecerdasan logis matematis yang terdiri dari soal-soal trigonometri. Tes GEFT digunakan untuk mengetahui gaya kognitif siswa. Teknik wawancara digunakan untuk mendalami kecerdasan logis matematis subjek. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan logis matematika siswa pada tiap-tiap gaya kognitif menunjukkan hasil yang berbeda dan cukup sesuai dengan komponen kecerdasan logis matematis menurut Linda & Bruce Campbell. Siswa dengan gaya kognitifField Independent mampu memenuhi semua komponen dari 5 komponen kecerdasan logis matematis. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif Fied Dependent mampu memenuhi 2-3 komponen dari 5 komponen kecerdasan logis matematis. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru mata pelajaran untuk mengetahui gaya kognitif siswa. Hal tersebut penting, dikarenakan dengan mengetahui gaya kognitif siswa dapat membantu guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai sehingga dapat memberikan hasil yang baik terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163037 SELA OKTAVIANI
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:26
Last Modified: 15 Dec 2020 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17124

Actions (login required)

View Item View Item