PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR

EVA CAHYANINGRAT ROSANA NINDIA PRABANDARI, 17207163033 (2020) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar”, ini ditulis oleh Eva Cahyaningrat Rosana Nindia Prabandari, NIM. 17207163033, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing Moh. Mashudi, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah Supervisor Profesionalitas Guru Penelitian ini di latar belakang masalah yang mengembangkan bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru. Karena diterapknnya pembaruan sistem belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar menggunakan SKS (Sistem Kredit Semester). Dengan demikian kepala sekolah diharapkan mampu membantu guru untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh guru setelah pembaruan sistem tersebut terlaksana, bagaimana kepala sekolah menjadi contoh yang baik dalam penerapan kegiatan. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar (2) Bagaimana faktor pendukung peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar (3) Bagaimana faktor penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar. Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar (3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya sesuai model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perannya sebagai supervisor kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar dalam meningkatkan profesionalitas guru dengan melihat melalui jurnal pegangan guru atau jurnal kelas, monitoring saat kegiatan belajar berlangsung, terdapat tim supervisi. Sedangkan dalam pelaksanaan supervisi sendiri faktor penghambat yang dialami oleh kepala sekolah adalah: (1) Perubahan sistem menjadi sks (satuan kredit semester), (2) Minat peserta didik, (3) Peran dari kepala sekolah itu sendiri. Dalam pelaksanaannya pula terdapat faktor pendukung yang diantaranya: (1) Pemberian fasilitas berupa diklat (pendidikan dan pelatihan), (2) Pemberian motivasi, (3) Membentuk tim literasi. Dalam perannya sebagai supervisor kepala madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Blitar untuk meningkatkan profesionalitas gurunya, ada dua cara yang digunakan yaitu secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung dengan berkeliling mengunjungi kelas-kelas dan secara tidak langsung dengan meninjau dari hasil supervisi dari tim supervisi serta dari jurnal harian guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163033 EVA CAHYANINGRAT ROSANA NINDIA PRABANDARI
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:25
Last Modified: 27 Oct 2020 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item