KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

HINDUN JUWARIYAH, 17204163280 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KELAS VIII MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Analitis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Hindun Juwariyah, NIM. 17204163280, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Berpikir Analitis, Menyelesaikan Masalah, Gaya Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan analitis di MTs Sultan Agung belum dievalasi. Sehingga perlu diketahui kemampuan berpikir analitis siswa agar guru mengetahui apakah siswa telah menggunakan proses berpikir analitisnya atau belum. Pentingnya kemampuan berpikir analitis, menjadikan kemampuan berpikir analitis perlu perhatian khusus untuk dilatih atau diterapkan kepada siswa. Apabila siswa mampu memfungsikan tingkat analisis dalam pembelajaran matematika, siswa akan mampu menyelesaikan soal-soal dengan kasus yang berbeda dari contoh yang diberikan oleh guru. Karena belum adanya evaluasi mengenai kemampuan berpikir analitis, ada sebagian siswa mengalami kesulitan, kebingungan dan belum mampu menguraikan informasi dalam soal sehingga belum dapat memecahkan masalah dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah matematis materi sistem persamaan linier dua variabel di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dan mendeskripsikan kemampuan berpikir analitis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah matematis materi sistem persamaan linier dua variabel di MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes GEFT, tes soal pemecahan masalah materi sistem persamaan linier dua variabel dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang diambil ada 4 siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif field independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif field dependent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) subjek field independent mampu membedakan bagian yang penting dan relevan (menjelaskan keterkaitan antara yang diketahui dan ditanyakan), mampu memilih konsep matematika dalam menyelesaikan masalah, mampu menyajikan konsep yang telah dipilihnya untuk menyelesaikan masalah matematika, mampu menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, mampu membuktikan bahwa hasil penyelesaian sesuai dengan yang ditanyakan, dan mampu menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian. (2) subjek field dependent mampu membedakan bagian yang penting dalam soal, tidak mampu membedakan bagian yang relevan dalam soal, cukup mampu memilih konsep matematika dalam menyelesaikan masalah, cukup mampu menyajikan konsep yang dipilihnya, mampu menjelaskan langkah-langkah dalam proses penyelesaian, tidak mampu membuktikan bahwa hasil penyelesaian sesuai dengan yang ditanyakan, dan mampu menarik kesimpulan dari hasil penyelesaian

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi 17204163280 HINDUN JUWARIYAH
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:25
Last Modified: 22 Oct 2020 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17034

Actions (login required)

View Item View Item