PKEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

DIANA SAPUTRI, 17204163222 (2020) PKEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)

Abstract

xvii ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika Kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini ditulis oleh Diana Saputri, NIM. 17204163222, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Berpikir Aljabar, Pemecahan Masalah. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa masih rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir untuk memecahkan masalah matematika. Salah satu berpikir yang penting dalam pembelajaran matematika adalah berpikir aljabar. Didalam kemampuan berpikir aljabar melibatkan sikap percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki siswa dalam memecahkan masalah matematika. Sebab kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen dalam berpikir aljabar yang membutuhkan keyakinan diri untuk sukses dalam proses berpikir. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV, (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV, dan (3) untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII Kelas VIII MTs Negeri 2 Tulungagung dan memilih 6 subjek dengan rincian 2 subjek memiliki kemampuan matematika tinggi, 2 subjek memiliki kemampuan matematika sedang, dan 2 subjek memiliki kemampuan matematika rendah. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa (1) siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV yakni berada pada tingkat 3 (TKBK 3), (2) siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV mayoritas siswa yaikni berada pada tingkat 1 dan 2 (TKBA 1 dan TKBA 2) namun ada beberapa siswa yang mampu berada pada tingkat 3 (TKBA 3), dan (3) siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV yakni berada pada tingkat 0 dan 1 (TKBK 0 dan TKBA 1).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163222 DIANA SAPUTRI
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:22
Last Modified: 21 Oct 2020 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16907

Actions (login required)

View Item View Item