PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BROSUR DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PERAN PERKEMBANGAN IPTEK DALAM KEGIATAN EKONOMI KELAS VII DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR

TITIK LESTARI, 17209163007 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BROSUR DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PERAN PERKEMBANGAN IPTEK DALAM KEGIATAN EKONOMI KELAS VII DI MTS MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

xiii ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Brosur dengan Model Inkuiri Terbimbing Peran Perkembangan IPTEK dalam Kegiatan Ekonomi Kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar “ini ditulis oleh Titik Lestari, NIM. 17209163007, pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati., S.S., M.Pd. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Brosur, Inkuiri Terbimbing Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kebermaknaan pembelajaran IPS khususnya materi peran perkembangan IPTEK dalam kegiatan ekonomi. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada saat Magang I dan Magang II banyak ditemukan permasalahan pada saat proses pembelajaran seperti peserta didik kurang memperhatikan saat guru sedang menjelaskan materi, bermain alat tulis, berbicara dengan teman, serta penggunaan bahan ajar yang konvesional menjadikan pembelajaran kurang bermakna karena hanya membaca dan mengerjakan soal yang ada pada buku maupun LKS. Sehingga perlu dirancang agar pembelajaran lebih menarik dan lebih meningkatkan kebermaknaan dari proses pembelajaran salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan secara efektif dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran tersebut. Dengan memanfaatkan bahan ajar brosur dengan model inkuiri terbimbing ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan kebermaknaan dalam pembelajaran terhadap materi peran perkembangan IPTEK dalam kegiatan ekonomi kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah pengembangan bahan ajar brosur dengan model inkuiri terbimbing peran perkembangan IPTEK kelas VII di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar 2019/2020?, (2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar brosur dengan model inkuiri terbimbing peran perkembangan IPTEK dalam kegiatan ekonomi kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar 2019/2020? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar brosur dengan model inkuiri terbimbing peran perkembangan IPTEK dalam kegiatan ekonomi kelas VII di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk baru. Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan menurut Brog dan Gall yang terdiri atas 10 langkah, namun peneliti memodifikasibeberapa prosedur sehingga menjadi 6 tahap yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba lapangan. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dengan subjek penelitian kelas VII-I. Data penelitian ini diperoleh melalui analisis awal, angket validasi, lembar pengamatan peserta didik, serta nilai post-test dan pre-test, kemudian data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi bahan ajar. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 76%. Hasil uji validasi oleh ahli materi, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase sebesar 83.4% dan berdasarkan uji validasi oleh guru mata pelajaran IPS, menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase sebesar 87.89% berdasarkan hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa bahan ajar praktis digunakan karena telah memenuhi 4 kriteria kepraktisan yaitu, angket respon peserta didik menyatakan bahwa bahan ajar praktis digunakan, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu sebesar 82.5% serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan presentase siswa yang bertanya sebesar 25 % hal tersebut berarti bahwa bahan ajar praktis digunakan atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil uji keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa pada uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test data hasil tes diperoleh nilai nilai Sig. (2-tailed) 0,00, karena Sig. (2-tailed) kurang dari nilai signifikan 0.05, yaitu 0.00 0.05 maka H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar dengan model inkuiri terbimbing yang dilihat berdasarkan hasil belajar siswa, hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata post-test sebesar 82.00 atau 8.25 lebih baik dari nilai rata-rata pre-test sebesar 73,75. Setelah dilakukan perbandingan dan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya perbedaan yang signifikan pada nilai sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar. Dengan demikian, bahan ajar ini dapat dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi peran perkembangan IPTEK dalam kegiatan ekonomi kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 17209163007 TITIK LESTARI
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:51
Last Modified: 15 Oct 2020 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16888

Actions (login required)

View Item View Item