KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS VIII MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

SITI NURLAILIYAH, 17204163279 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS VIII MTs SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari Gaya Kognitif di Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Siti Nurlailiyah, NIM. 17204163279, Pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci : Representasi Matematis, Gaya Kognitif, SPLDV Fenomena permasalahan kurangnya kemampuan representasi matematis pada siswa kelas VIII MTs Sultan Agung. Hal tersebut dapat dilihat saat siswa kurang mampu dalam menyelesaikan masalah matematika dengan langkah langkah dan menyimpulkan dengan tepat. Selain itu siswa lebih cenderung berpedoman pada langkah yang diajarkan guru. Akibatnya siswa kurang dalam mengembangkan kemampuan representasi matematisnya. Siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru, yang erat kaitannya dengan gaya kognitif. salah satunya yaitu gaya kognitif field independent dan field dependent. Gaya kognitif field independent merupakan cara berpikir yang lebih mampu untuk mengolah informasi dengan baik tanpa ada pengaruh dari lingkungan, sedangkan gaya kognitif field dependent merupakan cara berpikir yang cenderung mudah terpengaruh dengan lingkungan. Dari informasi tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel ditinjau dari gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTs Sultan Agung; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linier dua variabel kelas VIII di MTs Sultan Agung. Jenis Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini dari 21 siswa diambil 4 siswa, yang masing-masing diwakili oleh 2 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan 2 siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah SPLDV mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik (representasi visual). Siswa mampu membuat persamaan atau model matematis dalam menyelesaikan masalah (representasi simbolik). Siswa kurang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis (representasi verbal). (2) Kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah SPLDV belum mampu menyajikan kembali data atau informasi ke representasi grafik (representasivisual). Siswa kurang mampu membuat persamaan atau model matematis dalam menyelesaikan masalah (representasi simbolik). Siswa belum mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis (representasi verbal).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163279 SITI NURLAILIYAH
Date Deposited: 13 Oct 2020 02:03
Last Modified: 13 Oct 2020 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item