PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS KITAB KUNING DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

Imania Fatwa Izzulka, 17201163012 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS KITAB KUNING DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (690kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pembelajaran Fikih Berbasis Kitab Kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Imania Fatwa Izzulka, NIM. 17201163012, pembimbing H. Muh. Nurul Huda M.A. Kata Kunci: Pembelajaran Fikih, Kitab Kuning Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena perubahan zaman dan semakin banyaknya tantangan era baru. Oleh karena itu, sudah wajar apabila setiap lembaga pendidikan menerapkan pola pembelajaran yang sedemikian rupa. Pola pengajaran dan pembelajaran yang diterapkan di madrasah diharapkan memberikan dampak terhadap mutu pendidikan. Akan tetapi, hal yang menjadi pertanyaan, mengapa disaat banyak pilihan mengenai sumber dan bahan ajar yang ada, justru kitab kuning diterapkan di madrasah, khususnya Madrasah Tsanawiyah Apalagi melihat kenyataan bahwa kitab kuning menggunakan bahasa Arab yang tidak mudah dipahami oleh peserta didik, serta menggunakan pemaknaan bahasa Jawa yang belum tentu setiap peserta didik memahami cara penulisan yang benar. Pilihan-pilihan tersebut tentunya memiliki alasan dan pertimbangan yang kuat, sehingga madrasah tetap mencapai standar isi kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar; (2) Bagaimana strategi pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar?. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar; (2) Untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar; (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data Kepala Madrasah, guru, peserta didik, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian adalah (1) Strategi pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam termasuk dalam jenis strategi pembelajaran langsung, yakni strategi pembelajaran yang banyak berpusat pada guru (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan adalah metode bandongan, yakni guru membaca, peserta didik menulis. (3) Evaluasi pembelajaran Fikih berbasis kitab kuning di MTs Darussalam Kademangan Blitar terdiri dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif, terdapat dua jenis tes, yaitu tes tulis dan tes lisan, untuk tes tulis dilaksanakan dengan sistem online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163012 IMANIA FATWA IZZULKA
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:59
Last Modified: 27 Nov 2020 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16768

Actions (login required)

View Item View Item