TRADISI PEMBACAAN SURAH MARYAM DI PONDOK PESANTREN AL-MUSTHOFA KEMIRI, PULEREJO, NGANTRU, TULUNGAGUNG (Kajian Living Qur`an di Pondok Pesantren Al-Musthofa Kemiri, Pulerejo, Ngantru Tulungagung)

SILVIA AMANATUL MASRUROH, 17301163022 (2020) TRADISI PEMBACAAN SURAH MARYAM DI PONDOK PESANTREN AL-MUSTHOFA KEMIRI, PULEREJO, NGANTRU, TULUNGAGUNG (Kajian Living Qur`an di Pondok Pesantren Al-Musthofa Kemiri, Pulerejo, Ngantru Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Tradisi Pembacaan Surah Maryam di Pondok Pesantren Al-Musthofa divdesa Pulerejo, KecamatanvNgantru, KabupatenvTulungagung” ditulis olehvSilvia Amanatul Masruroh, NIMv17301163022. FakultasvUshuludin adabvdan Dakwah. vInstitutvAgamavIslamvNegerivTulungagung. PembimbingiAlfa Mardiyana , M.Ud. KatavKunci : Tradisi Pembacaan Surah Maryam di Pondok Pesantren Al Musthofa Ngantru Tulungagung. MunculnyavLivingvQur’anvdalam masyarakat membuat fungsivAl-Qur’an semakin berkembang sehingga mengharuskan adanya kajian lebih dalam terkait hal tersebut. Seperti praktik yang ditemukan di Pondok Pesantren Al-Musthofa Ngantru Tulungagung. Pengasuh sekaligus santri menggunakan QS Maryam sebagai amalan agar para santri bisa tangguh seperti Maryam. Penggunaan amalan ini dirasa asing karena di pondok yang lain belum ada pengamalan surah tersebut. Pemfungsian Surah Maryam yang jauh diluar kapasitas teksnya ini kemudian menarik untuk dijadikan bahan penelitian guna melihat fenomena yang sebenarnya terjadi sekaligus berusaha merasionalkan alasan pelaku amalan menggunakan surah tersebut sehingga dapat dipandang secara ilmiah. Adapun rumusan masalah dalamvpenelitianvinivadalah (1) BagaimanaiSejarah PembacaanvSurah Maryam divPondokvPesantren Al-Musthofa, Kemiri Pulerejo Ngantru, Tulungagung? (2) Bagaimana Makna dan Relevansi Pembacaan Surah Maryam di Pondok Pesantren Al-Musthofa, Kemiri, Pulerejo, Ngantru Tulungagung ? Penelitianvini dilakukanvdengan menggunakanvmetode kualitatifvdengan cara observasi, vwawancara danvpenelitian dokumentasi dan menggunakanvpendekatan fenomenologivuntuk mempelajarivvbagaimana kehidupanvvsosialvvberlangsung. Penelitian ini berdasar pada teori Rodolf Louis Karl Otto yang menangkap fenomena terkait praktek Living Qur’an yang ada dalam masyarakat serta pemaknaannya sehingga bisa diterima dalam khazanah keilmuwan. Hasil penelitianvinivadalahv (1) TradisivPembacaan Surah Maryam divPondok Pesantrenval-Musthofa berasal dari inspirasi pengasuh Pondok Pesantren Al-Musthofa yang diterapkan sejak pesantren didirikan. (2) Pemaknaan terhadap tradisi pembacaan Surah Maryam diantranya rasional dan bukan rasional berupa pengharapan seperti tokoh dan kedekatan pada Allah, Numen dan Numinous berupa kekompakan, keistiqomahan dan keteladanan, Mysterium Tremendum dan Fascinans sebagai pengalaman keagamaan yang memiliki keutamaan, dan The Wolly Other yaitu sadar dengan kebesaran Allah dan hanya mengharap ridho-Nya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 17301163022 SILVIA AMANATUL MASRUROH
Date Deposited: 05 Oct 2020 03:29
Last Modified: 05 Oct 2020 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16765

Actions (login required)

View Item View Item