PENGARUH PENERBITAN SUKUK DAN PROFITABILITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL PADA PT. BNI SYARIAH (Periode September 2011 – Juni 2019)

AHMAD ALFI HIDAYAT, 17401163050 (2020) PENGARUH PENERBITAN SUKUK DAN PROFITABILITAS TERHADAP KECUKUPAN MODAL PADA PT. BNI SYARIAH (Periode September 2011 – Juni 2019). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerbitan Sukuk Dan Profitabilitas Terhadap Kecukupan Modal Pada PT. BNI Syariah (Periode September 2011 -Juni 2019)” ditulis oleh Ahmad Alfi Hidayat, NIM. 17401163050, pembimbing DR. H. Mashudi M. Pd. I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan sitem keuangan berbasis syariah khususnya perbankan syariah ditengah perubahan faktor-faktor ekonomi syariah yang telah membawa keuangan syariah Indonesia menembus ke Pangsa Global Syariah, hal ini dikaitkan dengan sejumlah total aset keuangan syariah yang terus mengalami perkembangan setelah PT. BNI Syariah menerbitkan sukuk sebagai pemilhan strategi dalam melihat kemampuan perusahaan mempertahankan stabilitas keuangan syariahnya dengan sejumlah modal yang dimiliki untuk memperoleh profit yang diinginkan. Rumusan masalah dalam skripsi ini antara lain: (1) Apakah penerbitan sukuk berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal PT. BNI Syariah?, (2) Apakah Return on Asset (ROA) berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal PT. BNI Syariah?, (3) Apakah Return on Equity (ROE) berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal PT. BNI Syariah?, (4) Apakah Penerbitan Sukuk, Return on Asset (ROA), dan Return on Equity (ROE) secara stimultan berpengaruh signifikan terhadap kecukupan modal PT. BNI Syariah?. Peneliian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan adanya instrumen penerbitan sukuk dan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) terhadap kecukupan modal PT. BNI Syariah periode 2011 -2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari sumber resmi (www.bnisyariah.co.id). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji T, Uji F, dan Uji Koefisien Detereminasi (R). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerbitan sukuk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kecukupan Modal, (2) Return On Asset tidak berpengaruh signifikan terhadap Kecukupan Modal, (3) Return On Equity berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kecukupan Modal, (4) Variabel Penerbitan Sukuk, Return On Equity dan Return On Asset secara bersama-sama berpengaruh signifikan sebesar 76,2% terhadap Kecukupan Modal PT. BNI Syariah. Kata Kunci : Penerbitan Sukuk, Profitabilitas (Return On Asset dan Return On Equity), Kecukupan Modal (Capital Adequacy Ratio).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 17401163050 Ahmad Alfi Hidayat
Date Deposited: 30 Sep 2020 06:56
Last Modified: 30 Sep 2020 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16764

Actions (login required)

View Item View Item