IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA DI MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK

AHSHON KAMAL ZAINUL ADHA, 17201163402 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASWAJA DI MTS DARISSULAIMANIYYAH DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Aswaja di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek” ditulis oleh Ahshon Kamal Zainul Adha, NIM: 17201163402, jurusan PendidikanAgama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang di bimbing oleh : Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Pembelajaran, Muatan Lokal Aswaja Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi terbesar di Indonesia tidak lepas peranannya dalam bidang pendidikan Islam di Indonesia. Ajaran Islam Ahlussunnah Waljamaah yang kemudian sering disebut ASWAJA oleh kaum Nahdliyin (NU) dianggap sesuai dengan kehidupan Islam di Indonesia. NU dalam memaknai pendidikan tidak semata mata sebagai sebuah hak, melainkan juga kunci dalam memasuki kehidupan baru. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama dan besifat harmonis antara peaksana pendidikan yang interaktif dengan peserta didik yang humanis. Oleh karenanya peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian ini guna melihat secara jelas proses pelestarian faham Aswaja pada jalur pendidikan sebagai tambahan informasi agar kedepan dapat dilakukan usaha yang lebih baik lagi sebagai peningkatan mutu pendidikan di lembaga formal. Dalam hal ini peneliti mengangkat sebuah judul Implementasi Pembelajaran Aswaja di MTs Darissulaiamaniyyah Durenan Trenggalek. Fokus penelitian yang ada pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pada mata pelajaran aswaja di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek ? (2) Bagaimana pelaksanaan pada mata pelajaran aswaja di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek ? (3) Bagaimana evaluasi pada mata pelajaran aswaja di Mts Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek ? Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pada mata pelajaran di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pada mata pelajaran aswaja di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pada mata pelajaran aswaja di MTs Darissulaimaniyah Durenan Trenggalek. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Untuk metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian bahwa Implementasi pembelajaran Aswaja di MTs Darissulaimaniyyah Durenan Trenggalek : 1) adanya guru menyusun kerangka pembelajaran yakni RPP yang terintegrasi dengan nilai-nilai pendidikan moral dan karakter peserta didik, selain menyusun RPP guru juga menyusun strategi yang bertujuan pada kegiatan belajar mengajar menyenangkan bagi peserta didik. 2) adanya pelaksanaan metode guru yang mampu membuat suasana di dalam kelas menjadi penuh semangat sekaligus sesuai dengan RPP dan kegiatan di luar kelasyang membentuk kepribadian peserta didik serta Peserta didik sangat antusias di dalam kelas saat menangkap ilmu pengetahuan dari mata pelajaran Aswaja. 3) adanya guru menilai hasil belajar peserta didik sekaligus menilai kepribadian dan tingkah laku peserta didik, kemudian pihak sekolah beserta guru selalu berkoordinasi dengan pengurus pondok pesantren sekaligus dengan pimpinan yayasan pondok terkait dengan perkembangan peserta didik. Selain itu guru mengukur metode dan media yang diterapkan sehingga mampu mereformulasi kegiatan belajar mengajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163402 AHSHON KAMAL ZAINUL ADHA
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:28
Last Modified: 01 Oct 2020 02:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16745

Actions (login required)

View Item View Item