PEMBELAJARAN AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN DAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu)

AHMAD TAJUDIN, 12506184005 (2020) PEMBELAJARAN AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN DAN SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

ABSTRAK Thesis: “Pembelajaran Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan dan Sosial Peserta Didik (Studi Multi Kasus di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyah Tulungagung)” yang ditulis oleh Ahmad Tajudin dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. H. Imam Junaris, M.H.I. Kata kunci: Pembelajaran Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah, Perilaku Keagamaan, Perilaku Sosial. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perhatian seseorang dalam pelaksanaan pendidikan Islam di zaman modern ini. Khususnya para pelajar yang sekarang ini sangat rendah tentang wawasan keagamaan serta perilaku sosial yang sesuai dengan ajaran Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk menggali dan mengetahui pembelajaran Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah dalam pembentukan perilaku keagamaan dan sosial peserta didik. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini yaitu : (1) Bagaimana tujuan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam pembentukan Perilaku keagamaan dan sosial peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam pembentukan Perilaku keagamaan dan sosial peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam pembentukan Perilaku keagamaan dan sosial peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi multi kasus di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Tujuan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah yaitu digunakan untuk menanamkan dasar kepribadian serta pengetahuan yang bersumber pada ajaran Islam yang akan dicapai oleh peserta didik dengan karakter yang berbudi luhur serta menjadi insan yang cerdas, berprestasi dan berakhlakul karimah. (2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah yaitu seorang guru harus benar-benar menyiapkan perencanaan dengan pembuatan RPP sebagai arah dalam mencapai tujuan pembelajaran, dalam pembentukan Perilaku keagamaan sendiri merupakan bagian terpenting yang benar-benar harus dimiliki setiap peserta didik dalam mengendalikan perilaku anak sesuai norma keagamaan. Sedangkan dalam perilaku sosial akan membentuk karakter islami yang spesifik yang menerapkan prinsip nilai-nilai aswaja sebagai pelengkap dari perilaku keagamaan. (3) Evaluasi pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah yaitu Berbagai upaya dari kegiatan pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tersebut tentunya akan melihat kelebihan dan kekurangannya dari hasil pelaksanaannya, dengan demikian adanya sebuah evaluasi supaya tujuan pembelajaran Aswaja dalam membentuk perilaku keagamaan dan sosial tercapai dengan tepat dan maksimal. Tesis ini bermanfaat bagi kepala sekolah diharapkan kedepannya bisa dijadikan masukan pada sekolahnya serta diharapkan kedepannya mampu diterapkan di sekolahan terkait pembelajaran ahlussunah wal jama’ah an-nahdliyah dalam meningkatkan perilaku keagamaan dan sosial, bagi guru untuk menambah wawasan serta sebagai bahan evaluasi dalam memperbaiki kualitas diri untuk menjadi guru yang profesional dalam pembelajaran yang diterapkannya, terutama dalam pembelajaran ahlussunah wal jama’ah, bagi orang tua untuk mengingatkan pentingnya peran orangtua dalam mendidik anak, sehingga turut berpengaruh terkait perilaku keagamaan dan sosial pada anak mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tujuan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam pembentukan Perilaku keagamaan dan sosial peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung yaitu mencetak peserta didik dengan kepribadian yang berbudi luhur serta menanamkan pengetahuan yang bersumber pada ajaran Islam yang akan dicapai oleh peserta didik dengan karakter yang berbudi luhur dan juga menjadi insan yang cerdas, berprestasi dan berakhlakul karimah. (2) Pelaksanaan pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam pembentukan Perilaku keagamaan dan sosial peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung yaitu seorang guru harus benar-benar menyiapkan perencanaan dengan pembuatan RPP sebagai arah dalam pembelajaran. Perilaku keagamaan menjadi bagian terpenting yang benar-benar harus dimiliki setiap siswa, karena mampu mengendalikan perilaku anak sesuai norma keagamaan. Sedangkan dalam perilaku sosial akan membentuk karakter islami yang spesifik yang menerapkan prinsip nilai-nilai aswaja sebagai pelengkap dari perilaku keagamaan. (3) Evaluasi pembelajaran Aswaja An-Nahdliyah dalam pembentukan Perilaku keagamaan dan sosial peserta didik di MTs Al-Ma’arif Tulungagung dan SMP Islam Al-Fattahiyyah Tulungagung yaitu mengevaluasi perencanakan pembelajaran serta mempersiapkan bekal dalam pelaksanaan pembelajaran dengan tujuan untuk membuat peserta didik supaya lebih konsentrasi ketika dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dengan demikian perlu adanya sebuah evaluasi supaya tujuan pembelajaran Aswaja dalam membentuk perilaku keagamaan dan sosial tercapai dengan tepat dan maksimal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184005 AHMAD TAJUDIN
Date Deposited: 12 Oct 2020 03:06
Last Modified: 12 Oct 2020 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16717

Actions (login required)

View Item View Item