TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL SISWA KELAS VIII MTsN 3 KEDIRI

FITRI AYU CAHYANTI, 17204163177 (2020) TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL SISWA KELAS VIII MTsN 3 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Tingkat Berpikir Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa kelas VIII-A MTsN 3 KEDIRI “ ini ditulis oleh Fitri Ayu Cahyanti NIM. 17204163177, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Tahap berpikir Van Hiele, Geometri, Kecerdasan Spasial, Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fakta bahwa banyak siswa yang masih merasa bingung dalam memahami materi geometri bangun ruang dan siswa juga kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri. Salah satu penyebabnya adalah kemampuan berpikir setiap siswa yang berbeda-beda. Menurut Van Hiele, seseorang akan melalui 5 tahap berpikir dalam belajar geometri, yaitu : tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (abstraksi), tingkat 3 (deduksi formal), dan tingkat 4 (rigor). Dalam belajar geometri, kecerdasan spasial merupakan komponen yang sangat penting. Kecerdasan spasial yaitu kemampuan memahami bangun dalam tiga dimensi secara tepat dan akurat walaupun dari sudut pandang yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir siswa dalam menyelesaikan soal geometri pokok bahasan bangun ruang sisi datar berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari kecerdasan spasial siswa kelas VIII MTsN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kecerdasan spasial, tes tertulis geometri, wawancara, dan dokumentasi. Tes kecerdasan spasial digunakan untuk pengambilan subjek. Subjek penelitian terdiri atas 6 siswa kelas VIII-A, dimana 2 siswa dengan kecerdasan spasial tinggi, 2 siswa dengan kecerdasan spasial sedang, dan 2 siswa dengan kecerdasan spasial rendah. Tes tertulis geometri dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang tingkat berpikir siswa dalam menyelesaikan soal geometri. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) subjek dengan kecerdasan spasial tinggi berada pada tingkat berpikir yang sama, subjek ST1 dan ST2 berada pada tingkat 2 tahap berpikir Van Hiele.2) subjek dengan kecerdasan spasial sedang berada pada tingkat berpikir yang berbeda, subjek SS1 berada di tingkat 2 dan subjek SS2 berada pada tingkat 0 tahap berpikir Van Hiele. 3) subjek dengan kecerdasan spasial rendah berada pada tingkat berpikir yang berbeda, subjek SR1 berada di tingkat 0 dan subjek SR2 berada di tingkat 1 tahap berpikir Van Hiele.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163177 Fitri Ayu Cahyanti
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:08
Last Modified: 23 Sep 2020 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16699

Actions (login required)

View Item View Item