Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas Viii I Smpn 3 Kedungwaru

Laili Nurul Fitriyah, 17204163086 (2020) Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas Viii I Smpn 3 Kedungwaru. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Laili Nurul Fitriyah, 17204163086, Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele Kelas VIII I SMPN 3 Kedungwaru, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. Kata Kunci: Proses Berpikir, geometri, Teori Van Hiele Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan proses berpikir siswa yang memungkinkan adanya perbedaan dalam memahami konsep dan materi matematika khususnya materi geometri. Dalam hal ini peneliti berusaha memgatasi permasalahan tersebut menggunakan tahapan Teori Van Hiele yang sesuai dengan tahapan berpikir geometri, dengan memberikan tes pada siswa dengan harapan mengetahui tahapan berpikir siswa, sehingga tidak ada perbedaan pemahaman konsep dan materi geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahhui (1) Bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan tinggi, (2) Bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan sedang, (3) Bagaimana proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalsis. Lokasi penelitian terletak di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan pada siswa kelas VIII I, setelah tes tertulis dan menentukan nilai rata-rata siswa, diambil 6 siswa yang memenui kategori jenis kemampuan matematika. Hasil tes dianalisis tahapan berpikir siswa berdasarkan teori Van Hiele meliputi tahap 0 visualisasi, tahap 1 analisis, tahap 2 deduksi informal, dan dikuatkan dengan hasil wawancara siswa. Aanalisis data dilakukan melalui tahaap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan tinggi, mampu mencapai 3 tahap Teori Van Hiele, yakni tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), dan tahap 2 (deduksi informal). (2) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan sedang mampu mencapai 2 tahap Teori Van Hiele, yakni tahap 0 (visualisasi), dan tahap 1 (analisis). (3) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah Geometri berdasarkan Teori Van Hiele pada siswa berkemampuan rendah hanya mampu mencapai satu tahap Teori Van Hiele, yakni tahap 0 (visualisasi).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163086 Laili Nurul Fitriyah
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Mar 2021 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16644

Actions (login required)

View Item View Item