PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Nuril Lailatur Rohmah, 17201163185 (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (522kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Skrispsi dengan judul: “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih MA Darul Hikmah Tulungagung” ini ditulis oleh Nuril Lailatur Rohmah, NIM: 17201163185. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Program S1, Program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Abdul Aziz Faradi, M.Hum. NIP. 198404142014 03 1 00 4.Kata Kunci: Gaya Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi Karena siswa yang kurang menyesuaikan gaya belajar mereka. Akibatnya, ketika proses pembelajaran berlangsung metode yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan gaya belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang kurang menyesuaikan gaya belajar masing-masing dan mengakibatkan siswa hanya mengikuti metode mengajar yang digunakan guru yang tidak sesuai dengan gaya belajar mereka, sehingga siswa tidak bisa maksimal dalam mengikuti proses pembelajaran. Seorang pendidik harus memahami karakter gaya belajar masing-masing peserta didik dan harus menggali gaya belajar masing-masing peserta didik agar belajar lebih maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. (2) Adakah pengaruh pengaruh gaya belajar auditori terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. (4) Apakah ada pengaruh gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. Tuuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar auditori terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. (4) Untuk menjelaskan pengaruh gaya belajar visual, auditori, dan inesteti terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Dalam penelitian menggunakan sampel 57 siswa kelas X MA Darul Hikmah Tulungagung. Metode pengambilan data menggunakan angket model skala likert untuk mengetahui gaya belajar siswa, sedangkan varaiabel hasil belajar fikih menggunakan tes. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan uji regresi linier sederhana, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih MA Darul Hikmah Tulungagung. Dari hasil uji t diperoleh thitung > t tabel (2,5588 > 1,673). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara gaya belajar auditori terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih MA Darul Hikmah Tulungagung. Dari hasil uji t diperoleh thitung > t tabel (1,837> 1,673). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran fikih MA Darul Hikmah Tulungagung. Dari hasil uji t diperoleh thitung > t tabel (2,068 > 1,673). (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik terhadap hasil belajar fikih di MA Darul Hikmah Tulungagung. Dari hasil uji F diperoleh Fhitung 3,227 > Ftabel 2,77.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163185 Nuril Lailatur Rohmah
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:40
Last Modified: 16 Sep 2020 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16554

Actions (login required)

View Item View Item