PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

YUSSIE EMILYA CAHYA, 17205163056 (2020) PENANAMAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DI MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (752kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Yussie Emilya Cahya. NIM 17205163056. Penanaman Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Keagamaan Di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Suwanto, M.S.I., NIP. 198512122018011002 Kata Kunci: Nilai Religius, Pembiasaan Keagamaan. Kemerosotan akhlak disebabkan oleh kurang tertanamnya jiwa agama pada seseorang dan tidak terlaksananya pendidikan agama sebagaimana mestinya di keluarga, sekolah dan masyarakat. Maka untuk mengurangi hal tersebut perlu ditanamkan nilai religius sejak dini melalui pembiasaan positif seperti pembiasaan keagamaan di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penanaman Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Sholat Dzuhur Berjamaah. (2) Bagaimana Penanaman Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Yasin Tahlil Hari Jumat. (3) Bagaimana Penanaman Nilai Religius Siswa Melalui Pembiasaan Berdoa Sebelum Pembelajaran. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan penanaman nilai religius siswa melalui pembiasaan sholat dzuhur berjamaah, yasin tahlil hari jumat dan berdoa sebelum pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan pemeriksaan teman sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Hasil penelitian. Pertama, pembiasaan sholat dzuhur berjamaah di MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung yaitu dilaksanakan pukul 12.00 dimana salah satu siswa bertugas untuk adzan dan iqomah sedangkan imamnya dari guru. Pembiasaan ini bertujuan untuk melatih siswa beribadah dengan baik dan memiliki akhlak yang mulia. Kedua, pembiasaan yasin tahlil hari jumat dilakukan setiap hari jumat pukul 07.00 yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru di masjid Darussalam. Pembiasaan ini diadakan agar siswa terbiasa melaksanakan dan mengamalkan ajaran agama islam, dapat bersosialisasi dengan baik didalam masyarakat dan senantiasa ingat bahwa dalam berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal dapat melalui doa. Ketiga, pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran dimulai dari berdoa bersama dilanjutkan membaca asmaul husna dan surah-surah pendek yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Dengan adanya pembiasaan tersebut diharapkan agar segala aktivitas belajar menjadi berkah dan sebagai bentuk puji syukur kepada Allah SWT.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163056 YUSSIE EMILYA CAHYA
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:27
Last Modified: 14 Sep 2020 02:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16509

Actions (login required)

View Item View Item