IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SABILILLAH KARANGREJO TULUNGAGUNG

WIWIK DWI AGUSTINA, 17201163141 (2020) IMPLEMENTASI METODE AN-NAHDLIYAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ SABILILLAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (933kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An-Nahdliyah untuk Meningkatkan Kemampuan Memabaca Al-Qur’an di TPQ Sabilillah Karangrejo Tulungagung” yang ditulis oleh Wiwik Dwi Agustina, NIM 17201163141, Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr.Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Implementasi Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Zaman sekarang ini banyak dijumpai anak-anak dan remaja muslim yang memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang rendah. Kurangnya pemberian materi Al-Qur’an oleh orang tua kepada anaknya sejak dini mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an. Faktor lainnya yaitu anak-anak dan remaja muslim saat ini lebih disibukkan dengan sekolah serta kegiatan lainnya, sehingga banyak sekali anak-anak muslim lulusan sekolah menengah yang masih buta huruf terhadap Al-Qur’an. TPQ Sabilillah merupakan tempat untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dan remaja muslim saat ini. Materi pembelajaran terdiri dari materi inti dan materi tambahan yang dilaksanakan setiap hari melalui bimbingan para asatidz yang sudah menempuh pendidikan PGTPQ An-Nahdliyah. Oleh sebab itu peneliti ingin mengkaji lebih lanjut tentang Implementasi metode An-Nahdliyah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut; (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Sabilillah Karangrejo Tulungagung?. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di TPQ Sabilillah Karangrejo Tulungagung?. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode An- Nahdliyah di TPQ Sabilillah Karangrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran Al- Qur’an terdiri dari program buku jilid dan program sorogan Al-Qur’an. a) program buku jilid dapat diselesaikan santri dengan alokasi waktu kurang lebih 6 bulan. b) program sorogan Al-Qur’an dapat diselesaikan santri dengan alokasi waktu kurang lebih 24 bulan (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah yang terdiri dari : a) Materi pengajaran yakni materi inti (buku paket dan sorogan Al-Qur’an) dan materi tambahan ( fasholatan, do’a-do’a keseharian, dan juz amma). b) Metode pembelajaran yang digunakan yakni : metode demonstrasi, metode drill, metode tanya jawab dan metode ceramah. c) media pembelajaran yang digunakan yakni : buku paket jilid 1-6, Al-Qur’an, stik kayu, dan kartu prestasi. d) Hambatan dalam pembelajaran yang terdiri dari : xix asyik bermain saat pembelajaran, terlalu manja dengan orang tua, dan kurangnya motivasi pergi mengaji. 3) Evaluasi pembelajaran metode An-Nahdliyah yang terdiri dari : a) Evaluasi harian yakni penilaian kemampuan santri melalui kartu prestasi. b) Evaluasi akhir jilid yakni penilaian kemampuan santri tahap akhir jilid. c) Evaluasi materi tambahan yakni penilaian sejauh mana kemampuan santri dalam mempraktekkan pengetahuan fasholatan, do’a-do’a keseharian dan juz amma dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163141 Wiwik Dwi Agustina
Date Deposited: 14 Sep 2020 01:49
Last Modified: 14 Sep 2020 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16506

Actions (login required)

View Item View Item