PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MI PODOREJO SUMBERGEMPOL KAB.TULUNGAGUNG

RIFKA AMEILIYANTI, 17205163282 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MI PODOREJO SUMBERGEMPOL KAB.TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (300kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar Matematika MI Podorejo Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Rifka Ameiliyanti, NIM.17205163282, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Probing-Prompting, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Hasil Belajar Matematika MI Podorejo Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar mata pelajaran Matematika peserta didik. Salah satunya dari faktor model pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran guru harus bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai agar mudah dalam menyampaikan materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah model pembelajaran Probing-Prompting. Model ini merupakan model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Dengan model pembelajaran ini, proses tanya jawab dilakukan dengan cara menunjuk siswa secara acak sehingga setiap siswa mau tidak mau harus berpartisipasi aktif, siswa tidak bisa menghindar dari proses pembelajaran dan setiap saat ia bisa dilibatkan dalam proses tanya jawab. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III MI Podorejo, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III MI Podorejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas III-C sebagai kelas Eksperimen dan seluruh kelas III-B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Tes, (2) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis yang menggunakan hasil uji Independent Sample T-test diperoleh perbedaan yang signifikan dari hasil rata-rata belajar siswa kelompok eksperimen sebelum diterapkan model pembelajaran probing-prompting yaitu 58,70 dan sesudah diterapkan model pembelajaran probing-prompting yaitu 81,30. Ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran probing-prompting terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III MI PodorejoSumbergempol Kabupaten Tulungagung. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari ttabel (3,031 > 2,069) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan di atas diketahui nilai R Square sebesar 0,409, maka besarnya pengaruh pembelajaran dengan model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar pada siswa kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung adalah 40,9% sedangkan 59,1% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163282 RIFKA AMEILIYANTI
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:51
Last Modified: 14 Sep 2020 03:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item View Item