PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MTSN 2 KOTA BLITAR

SULISTYANINGSIH, 17207163089 (2020) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (991kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (542kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)

Abstract

xviii ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Sulistyaningsih, NIM. 17207163089, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Luluk Indarti, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Pengelolaan Perpustakaan, Minat Baca Siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa pengelolaan perpustakaan sangatlah penting dilakukan untuk meningkatkan minat baca siswa. Pengelolaan yang baik akan menumbuhkan ketertarikan siswa untuk datang keperpustakaan dan membaca buku-buku referensi yang sesuai dengan kebutuhan siswa untuk menunjang pembelajaran. Dari latar belakang tersebut, merupakan alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Pengelolaan Perpustakaan di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 2 Kota Blitar? (3) Apa saja Kendala yang dihadapi dalam Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 2 Kota Blitar? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk Mengetahui Perencanaan Pengelolaan Perpustakaan di MTsN 2 Kota Blitar. (2) Untuk Mengetahui Pelaksanaan Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 2 Kota Blitar. (3) Untuk Mengetahui Kendala yang dihadapi dalam Pengelolaan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di MTsN 2 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara pepanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan member check. Karena pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perencanaan pengelolaan perpustakaan diawali dengan mengembangkan profesionalitas sebagai guru-guru pustakawan, selanjutnya pengelolaan perpustakaan dilakukan sesuai dengan tujuan perpustakaan, dan melaksanakan pengelolaan perpustakaan dibutuhkan sebuah fungsi tanggung jawab administratif. (2) pelaksanaan pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa memiliki berbagai cara yaitu dengan penyusunan buku harus rapid an menarik, judul-judul buku harus sesuai dengan minat siswa, adanya buku bacaan sastra dan fiksi, penyusunan tata ruangan harus rapi, adanya audio visual yang dapat digunakan siswa, adanya seni dan keindahan dalam perpustakaan, mengutamakan pelayanan, mengelola peralatan dan perlengkapan, mengembangkan koleksi perpustakaan, adanyapenghargaan gelar ratu baca. (3) kendala yang dihadapi dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu kurang memadainya lokasi perpustakaan dan kurangnya sarana dan prasarana yang ada diperpustakaan MTsN 2 Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163089 SULISTYANINGSIH
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:04
Last Modified: 14 Sep 2020 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16371

Actions (login required)

View Item View Item