PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 TULUNGAGUNG

ANDHIEMAS MUSTIKANING WANODYA, 17205163307 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (633kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di MIN 1 Tulungagung.” Ini ditulis oleh Andhiemas Mustikaning Wanodya, NIM. 17205163307. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Musrikah, M.Pd. NIP: 19790910 200604 2003 Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry dan Prestasi Belajar Latar belakang penelitian ini adalah adanya prestasi belajar siswa yang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata nilai ulangan harian yakni sebesar 60,4 di kelas IV A dan 60,33 di kelas IV B. Selain prestasi belajar yang rendah, siswa juga kurang bisa berfikir secara kritis dan masih bergantung pada guru dalam menggali informasi menenai materi yang akan diajarkan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya hal tersebut adalah penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi. Dimana guru cenderung menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan mencoba menggunakan model pembelajaran inquiri. Yang mana model ini dalam melatih siswa untuk mandiri dalam menggali informasi, melatih siswa untuk berpikir secara kritis, logis, dan ilmiah. Dengan harapan prestasi belajar siswa akan mengalami peningkatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Adakah pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi gaya di kelas IV MIN 1 Tulungagung? 2). Seberapa besar pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA materi gaya di kelas IV MIN 1 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran IPA dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas IV A dan 30 siswa kelas IV B. Dimana kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Treatment yang diterapkan di kelas eksperimen adalah model pembelajaran inquiry yang mana kegiatan belajar ini melibatkan semua kemampuan siswa secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis, sehingga dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Sedangkan di kelas IV B akan menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran inquiry terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV MIN 1 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan harga sig. (2- tailed) < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikansi dua arah sebesar 0,175 yang lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan jika hipotesa dalam penelitian ini diterima 2). Pengaruhyang didapat dari penerapan model pembelajaran inquiry ini sebesar 25,85 %. Hasil ini di peroleh dari perhitungan effect size dengan model Cohen’s.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ANDHIEMAS MUSTIKANING WANODYA 17205163307
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:37
Last Modified: 07 May 2021 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item