EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA KARTU SOAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS PESERTA DIDIK KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NUZULUL WAHYU FARIDA, 17205163025 (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA KARTU SOAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS PESERTA DIDIK KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu Media Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nuzulul Wahyu Farida, NIM.17205163025, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen Pembimbing Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Think Pair Share, Media Kartu Soal, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar IPS peserta didik. Salah satunya dari faktor model pembelajaran yang digunakan. Dalam pembelajaran guru harus bisa menggunakan model pembelajaran yang sesuai agar mudah dalam menyampaikan materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah kooperatif tipe think pair share. Model ini merupakan suatu cara untuk menciptakan kerja sama peserta didik dengan kelompok, dan memberi waktu peserta didik untuk berfikir, menjawab dan saling membantu satu sama lain. Model pembelajaran ini juga dapat menggunakan bantuan media kartu soal agar bisa menarik perhatian peserta didik serta dapat membantu guru untuk menyampaikan laitian soal dengan mudah.Berdasarkan latar belakang diatas maka penelitian ini mengambil judul Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu Media Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas V di MI Tarbiyatusibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1 ) Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu kartu soal efektif terhadap minat belajar IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (2)Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal efektif terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (3) Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal efektif terhadap minatdan hasil belajar IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal terhadap minat belajar peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu kartu soal terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal terhadap minat dan hasil belajar IPS peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. pada penelitian ini menggunakan teknik sampling nonprobability sampling jenis samling jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas V-A sebagai kelas Eksperimen dan V-B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Angket, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis yang menggunakan uji-t, (1) ada perbedaan minat belajar IPS peserta didik kelas V dalam pembelajaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal dan model konvensional di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulunggagung. Hal ini ditunjukkan nilai Thitung > Ttabel atau 4.371 > 0.334 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif IPS peserta didik kelas V dalam pembelajaran penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal dan model konvensional di MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulunggagung. Hal ini ditunjukkan nilai Thitung > Ttabel atau 4.908 > 0.334 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 (3) Besar efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu media kartu soal terhadap minat dan hasil belajar IPS peserta didik kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung adalah 1.3834 untuk minat belajar pada nilai interpretasi nilai cohen’s 90% dan 1.4985 untuk hasil belajar pada nilai interpretasi nilai cohen’s 91% yang tergolong memiliki efek yang besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NUZULUL WAHYU FARIDA 17205163025
Date Deposited: 10 Sep 2020 06:19
Last Modified: 10 Sep 2020 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16356

Actions (login required)

View Item View Item