STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PENILAIAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE READING ALOUD DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ERVIKA DIYAH NURFITA, 17205163168 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PENILAIAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE READING ALOUD DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Penilaian Bahasa Indonesia Melalui Metode Reading Aloud di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Ervika Diyah Nurfita, NIM.17205163168, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri,M.Pd.I Kata Kunci : Strategi, Guru, Bahasa Indonesia, Metode Reading Aloud Penelitian ini dilatar belakangi dari tanggung jawab seorang guru dalam memenuhi kriteria sebagai pendidik dan juga membimbing peserta didik sampai pada keberhasilan. Tetapi kenyataannya dilapangan masih terdapat guru yang kesulitan memberikan penilaian khususnya pada penguasaan penilaian dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Karena guru lupa membuat catatan kemajuan belajar peserta didik dan kurangnya keterampilan penilain peserta didik karena kurangnya strategi guru yang digunakan. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1)Bagaimana strategi pengorganisasian pembelajaran guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud.(2)Bagaimana strategi penyampaian pembelajaran guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud.(3)Bagaimana strategi pengelolaan pembelajaran guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian,strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan pembelajaran guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,untuk mengkaji strategi guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melaui metode reading aloud di MI Miftahul Huda Banjarejo Rejotangan Tulungagung.dalam mengumpulkan data,penulis menggunakan metode observasi, Wawancara, dan dokumentasi.Untuk mengetahui keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data,sedangkan analisis data dilakukan dengan langkah-langkah pengumpulan data,reduksi data kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini,bahwa Strategi pengorgannisasian pembelajaran guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud adalah menata tahapan-tahapan dalam pembelajaran dan pemilihan teks cerita yang sesuai dengan isi tema pembelajaran.bertujuan untuk memudahkan siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru.Strategi penyampaian pembelajaran guru meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud adalah Memberi contoh yang benar yang sesuai dengan tema pembelajaran dan setelah itu siswa diberi tugas sesuaai contoh yang diberikan oleh guru.Menumbuhkan minat siswa dengan adanya motivasi secara terus menerus.Strategi pengelolaan penyampaian pembelajaran guru dalam meningkatkan penilaian bahasa Indonesia melalui metode reading aloud adalahmenentukan kapan suatu pentaan strategi itu digunakan dan komponen strategi itu digunakan dalam pembelajaran dan menerapakan urusan strategi pengelolaan untuk memudahkan guru dalam penataan dalam interaksi dengan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ERVIKA DIYAH NURFITA 17205163168
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:21
Last Modified: 04 Sep 2020 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16349

Actions (login required)

View Item View Item