DAMPAK KONTEN INTERNET MADRASAH TEN INTERNET KEPADA PERILAKU ADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL MA’ARIF DENANYAR JOMBANG PERILAKU SISWA MAMBAUL MA’ARIF

RIZKA NAHDLIYYA, 17205163154 (2020) DAMPAK KONTEN INTERNET MADRASAH TEN INTERNET KEPADA PERILAKU ADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL MA’ARIF DENANYAR JOMBANG PERILAKU SISWA MAMBAUL MA’ARIF. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (984kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (113kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Dampak Konten Internet kepada Perilaku Siswa Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang”, ini ditulis oleh Rizka Nahdliyya, NIM 17205163154, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Dampak, Konten Internet, Perilaku Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan peneliti tentang konten internet yang beragam dari konten positif dan negatif, sehingga dengan adanya konten tersebut bisa berdampak positif maupun negatif pada perilaku siswa. Hal ini ditandai dengan pengaruh konten negatif pada siswa, menjadikan siswa malas belajar bahkan lupa terhadap tugas dan tanggung jawab mereka di rumah, menjadikan siswa kecanduan terhadap intenet, sosial media hingga game online, dan banyak berbagai media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan berita bohong. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana dampak positif konten internet kepada perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang? (2) Bagaimana dampak negatif konten internet kepada perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang? (3) Bagaimana cara mengatasi dampak negatif konten internet kepada perilaku siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digali sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yaitu menggunakan perpanjangan masa pengamatan, pengamatan yang terus menerus, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Dampak positif konten internet kepada perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang adalah menambah wawasan dan pengetahuan siswa, mendapatkan informasi ter-update, akurat dan cepat, media berkomunikasi siswa, sarana hiburan bagi siswa, Meningkatkan rasa percaya diri siswa, dan meningkatkan kreativitas siswa. (2) Dampak negatif konten internet kepada perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang adalah kecanduan mengakses konten internet, membuat siswa menjadi malas belajar, gangguan pada kesehatan mata, kecanduan bermain game online, suka menggunakan make up, dan mengakses konten pornografi. (3) Cara mengatasi dampak negatif konten internet kepada perilaku siswa Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang adalah guru berkerjasama dengan orang tua, guru menasehati siswa, guru memantau siswa melalui sosial media, orang tua menasehati dan memantau siswa, dan adanya sanksi dari pihak sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: RIZKA NAHDLIYYA 17205163154
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:25
Last Modified: 31 May 2021 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16297

Actions (login required)

View Item View Item