PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU SEBAGAI PANDUAN KKL MAHASISWA TADRIS IPS DENGAN METODE FIELD TRIP DI BUMDESA SINAR MULYA, DESA MULYOSARI, KECAMATAN PAGERWOJO

ZUZUN ARIFATUN NI’MAH, 17209163031 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU SEBAGAI PANDUAN KKL MAHASISWA TADRIS IPS DENGAN METODE FIELD TRIP DI BUMDESA SINAR MULYA, DESA MULYOSARI, KECAMATAN PAGERWOJO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

xvi ABSTRAK Zuzun Arifatun Ni’mah. NIM 1 7209163031. Pengembangan Media Buku Saku sebagai Panduan KKL Mahasiswa Tadris IPS dengan Metode Field Trip Di BUMDesa Sinar Mulya, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Dwi Astuti Wahyu Nurhayati, S.S, M.Pd. Kata Kunci : pengembangan, buku saku, KKL. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi pada kuliah kerja lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2016 pada hari senin, tanggal 20 November 2017, bertempat di Mojokerto, dan kuliah kerja lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017 di Yogyakarta persiapan yang dilakukan belum maksimal, dan kurangnya antusias mahasiswa dalam kegiatan kuliah kerja lapangan, begitupun dengan hasil laporan KKL (Kuliah Kerja Lapangan), mahasiswa cenderung Copy Paste dalam membuat laporan. Berkaitan dengan ini perlu adanya suatu pembahasan tentang inovasi media pembelajaran yang tepat untuk mahasiswa agar kuliah kerja lapangan tidak dianggap remeh dan tetap memiliki hasil penulisan laporan yang bermutu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana langkah-langkah Pengembangan media buku saku sebagai panduan KKL mahasiswa Tadris IPS dengan metode field trip di BUMDEsa Sinar Mulya, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo? 2) bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran IPS berbasis buku saku sebagai panduan KKL untuk mahasiswa T.IPS IAIN Tulungagung? Adapun tujuan penulisan skrispsi ini adalah 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran IPS berbasis media buku saku sebagai panduan KKL mahasiswa Tadris IPS dengan metode field trip di BUMDEsa Sinar Mulya, Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo. 2) untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran IPS berbasis berbasis buku saku sebagai KKL untuk mahasiswa Tadris IPS IAIN Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development dari Borg dan Gall yang terdiri dari 6 langkah yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) perencaan, 3) pengembangan draft produk, 4) uji validasi ahli, 5) revisi desain, dan 6) uji coba produk. Penelitian ini dilaksanakan di BUMDesa Sinar Mulya, dengan subyek penelitian mahasiswa Tadris IPS semester IV kelas A sebagai kelas kontrol, dan Kelas C sebagai kelas eksperimen. Data penelitian didapat melalui analisis awal, angket validasi, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, dan nilai UTS (Ulangan Tengan Semester). Data kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif untuk keperluan evaluasi media pembelajaran. Hasil uji validasi ahli media pada tahap akhir menunjukkan presentase 100%, dan hasil uji ahli materi pada tahap akhir memperoleh rata-rata presentase 97%, termasuk dalam kriteria valid. Dari hasil angket respon siswa memperoleh rata-rata presentase sebesar 93,27% yang berarti bahwa media buku saku praktis untuk digunakan.data hasil lembar aktivitas pengguna menunjukkan presentase 17,24% artinya media praktis digunakan. Hasil analisis keefektifan yang dilakukan berdasarkan nilai UTS dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai bahwa Sig. (2-tailed) = 0,02. Karena nilai dari Sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikasi = 0,05 yaitu 0,02 < 0,05 maka H1 diterima, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini didukung dari nilai rata-rata UTS kelas eksperimen sebesar 90,69 atau lebih baik 1,69 dari kelas kontrol yang memiliki nilai rata-rata 89. Hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan berupa media pembelajaran buku saku sebagai panduan KKL di BUMDesa Sinar Mulya melalui metode Field Trip merupakan produk pengembangan yang efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ZUZUN ARIFATUN NI’MAH 17209163031
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:07
Last Modified: 02 Jun 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16280

Actions (login required)

View Item View Item