PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG

ULVIANA FADLILATUL AWWALIN, 17205163230 (2020) PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDI AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Keterampilan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ulviana Fadlilatul Awwalin, NIM. 17205163230, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Keterampilan Membaca Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat baca pada peserta didik khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan kalimat utama, ide pokok, dan pertanyaan lain yang berhubungan dengan isi bacaan. Selain itu pembelajaran membaca cenderung membosankan, sehingga peserta didik malas untuk memahami isi bacaan. Hal tersebut berakibat kepada rendahnya hasil belajar peserta didik dalam hal membaca. Untuk itu, diperlukan strategi pembelajaran yang cocok salah satunya strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Strategi ini mengajak peserta didik untuk memprediksi kemudian membaca untuk membuktikan prediksinya, menyesuaikan prediksi dengan teks, dan menyampaikan prediksi kepada teman satu kelas. Sehingga kegiatan membaca menjadi menyenangkan, bermakna dan peserta didik terlatih untuk berfikir kritis sehingga peserta didik akan terlibat aktif dan nilai keterampilan membaca menjadi meningkat. Rumusan masalah skripsi ini adalah adakah pengaruh yang signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca teks eksplanasi pada mata pelejaran Bahasa Indonesia Kelas V SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca teks eksplanasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi experiment dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Populasinya seluruh peserta didik kelas V SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V-A dan Kelas V-B SDI Al-Hidayah dengan jumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes (pre-test dan post test) dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan (1) uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), (2) uji hipotesis (uji t-test), dan (3) uji Effect Size d Cohen’s. Hasil analisis data menunjukkan: Berdasarkan uji t-test (paired samples t test) kelas eksperimen (pre-test dan post-test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan nilai mean pre-test 67,90 dan nilai mean post-test 81,81. Sedangkan kelas kontrol (pre-test dan post-test) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,035 < 0,05 dengan nilai mean pre-test 67,76 dan nilai mean post-test 72,05. Berdasarkan uji t-test (independent samples t-test) post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05, nilai thitung 2.847 ≥ ttabel 2,021dengan nilai mean kelas eksperimen 81,81 dan kelas kontrol 72,05. Maka tolak Ho dan terima Ha. Berdasarkan uji effect size d Cohen’s diperoleh nilai d = 0,9 dengan presentase 82% kategori besar (large). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap keterampilan membaca teks eksplanasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ULVIANA FADLILATUL AWWALIN 17205163230
Date Deposited: 03 Sep 2020 02:50
Last Modified: 07 May 2021 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16174

Actions (login required)

View Item View Item