PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG DAN BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG

OKTAVIANA PUTRI MAHARANI, 17401163266 (2020) PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL, KUALITAS PELAYANAN, DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS BMT HARAPAN UMAT TULUNGAGUNG DAN BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemasaran Relasional, Kualitas Pelayanan dan Tingkat Margin Terhadap Loyalitas Anggota Pembiayaan Murabahah di KSPPS BMT Harapan Umat Tulungagung dan BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Oktaviana Putri Maharani, NIM. 17401163266, pembimbing Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan lembaga keuangan syariah khususnya BMT yang semakin ketat, sehingga perlu adanya strategi-strategi pemasaran untuk meningkatkan loyalitas anggota. Penerapan strategi pemasaran yang dilakukan berupa pemasaran relasional, kualitas pelayanan serta penetapan tingkat margin yang dianggap sudah optimal untuk mempertahankan anggotanya. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan insidental sampling. Tahap selanjutnya data kuesioner dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, serta uji koefisisen determinasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa : 1) Pemasaran relasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Istiqomah Karangrejo. 2)Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Istiqomah Karangrejo. 3) Tingkat margin berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Istiqomah Karangrejo. 4) Pemasaran relasional, kualitas pelayanan dan tingkat margin secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota pembiayaan murabahah di BMT Harapan Umat dan BMT Istiqomah Karangrejo. Kata Kunci: Pemasaran Relasional, Kualitas Pelayanan, Tingkat Margin, Loyalitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: OKTAVIANA PUTRI MAHARANI 17401163266
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:40
Last Modified: 07 May 2021 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item