PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

FETTI RINAWATI, 17205163091 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Komunikasi dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di MIN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Fetti Rinawati, NIM 17205163091, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh H. Muh Nurul Huda, M.A Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran khususnya pada model pembelajaran yang digunakan didalam kelas, pembelajaran yang berlangsung kurang menarik dan monoton. Hal ini berdampak pada rendahnya keaktifan peserta didik sehingga menimbulkan rendahnya kemampuan komunikasi peserta didik dan juga berdampak pada hasil belajar mereka. Maka diharapkan guru mampu membuat inovasi baru dalam proses pembelajaran khususnya pada model pembelajaran yang digunakan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Scramble. Model ini dianggap dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di MIN 5 Tulungagung? 2) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 5 Tulungagung? 3) Adakah pengaruh secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik di MIN 5 Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan quasi eksperimen design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MIN 5 Tulungagung. Sementara sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data ini menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk pengamatan dan pencatatan secara sistematis, logis, objektif, dan rasional mengenai berbagai fenomena baik dalam situasi yang sebenarnya dalam sekolah. Angket digunakan untuk mendapatkan data-data tentang seberapa besar kemampuan komunikasi yang dimiliki peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung, khususnya pada mata pelajaran IPA. Tes dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pencapaian atau pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang akan diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh berbagai informasi pendukung penelitian ini, adapun informasi tersebut, antara lain profil sekolah, data jumlah peserta didik, nama-nama peserta didik, dan foto pengerjaan soal atau tes Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan komunikasi peserta didik di MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar peserta didik di MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,030 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di MIN 5 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari nilai uji Manova bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelas memeiliki sig. 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Artinya harga F Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: FETTI RINAWATI 17205163091
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:10
Last Modified: 06 May 2021 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16053

Actions (login required)

View Item View Item