ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) di KELAS VIII MTsN 3 TULUNGAGUNG

ANNA YUNIAR, 17204163056 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) di KELAS VIII MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di Kelas VIII MTsN 3 Tulungagung“ ini ditulis oleh Anna Yuniar, NIM. 17204163056, 2020, Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh. M.Kes., Ph.D Kata-kata kunci : Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah Open-Ended Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Seringkali dalam kegiatan pembelajaran, siswa diberikan permasalahan dan penyelesaian yang sesuai dengan contoh yang diberikan guru sehingga siswa tidak diberi kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kemampuan berpikir kreatifnya. Untuk mengetahui tingkat berpikir kreatifnya peneliti memberikan beberapa masalah dengan tipe soal open-ended untuk dipecahkan atau diselesaikan oleh siswa tersebut. Peneliti ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi dalam memecahkan masalaha open-ended materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung, 2) mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan sedang dalam memecahkan masalaha open-ended materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung, 3) mendeskripsikan tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah dalam memecahkan masalaha open-ended materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus untuk mendapatlan data yang lebih mendetail dan rinci tentang tingkat berpikir kreatif siswa. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII-B dengan 3 kriteria siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah dengan masing-masing kriteria adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Tes, dan 3) Wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan dan fleksibilitas. 2) tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemmapuan sedang ada pada tingkat 3 (kreatif). Komponen yang dipenuhi siswa pada tingkat 3 ini adalah kefasihan dan fleksibilitas. 3) tingkat berpikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah ada pada tingkat 1 (kurang kreatif). Komponen yang dipenuhi adalah kefasihan. Selain itu ada siswa yang berada pada tingkat 0, di mana siswa tidak mampu menunjukkan ketiga komponen berpikir kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ANNA YUNIAR 17204163056
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:05
Last Modified: 31 May 2021 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15932

Actions (login required)

View Item View Item