PENGARUH METODE DEBAT DALAM MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR

NURUL DWI WULANDARI, 17201153153 (2019) PENGARUH METODE DEBAT DALAM MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Debat dalam Mata Pelajaran Fiqih terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTsN 2 Kota Blitar”, ditulis oleh Nurul Dwi Wulandari, NIM. 17201153153, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Faizatul Istiqomah, M.Ed. Kata Kunci: Metode Debat dan Hasil Belajar Penelitian ini berangkat dari teori Bloom, Taxonomy of Education Objectives. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Fiqih di MTsN 2 Kota Blitar adalah masih banyak terpaku untuk sekedar mengahafal bukan diarahkan memahami dan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari. Pembelajaran belum efektif mengingat hanya satu kriteria saja yang ditonjolkan pencapaiannya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran antara lain dengan menggunakan metode yang tepat. Pemilihan metode yang tepat akan membuat siswa lebih mudah memahami konsep atau materi. Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Fiqih adalah metode debat. Permasalahan yang diuji dalam penelitian ini adalah: (1) pengaruh metode debat dalam mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar; (2) pengaruh metode debat dalam mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar; dan (3) pengaruh metode debat dalam mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik) siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design atau eksperimen semu tipe Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode debat, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Dari populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar sebanyak 362 siswa yang terbagi dalam 9 kelas, sampel yang digunakan adalah kelas VIII A yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang berjumlah 46 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling jenis purposive sampling, dengan pertimbangan bahwa sampel tidak bisa diambil secara acak karena dari siswa telah dikelompokkan ke dalam kelas-kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan metode debat dalam mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, dibuktikan dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 5%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode debat dalam mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, dibuktikan dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 5%; dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan metode debat dalam mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar, dibuktikan dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURUL DWI WULANDARI 17201153153
Date Deposited: 24 Aug 2020 09:09
Last Modified: 03 May 2021 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item