STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 5 BLITAR

WIDI ASTUTIK, 17201163055 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA DAN TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTSN) 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Bagi Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar” ini ditulis oleh Widi Astutik, NIM. 17201163055. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd., NIP. 19810801 200912 1 004. Kata Kunci: Strategi, Kemampuan, Baca dan Tulis Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah keadaaan bahwa banyaknya peserta didik yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Padahal MTs adalah sebuah lembaga yang berada dibawah naungan Kemenag sehingga ada mata pelajaran berkaitan dengan pendidikan Al-Qur’an seperti Al-Quran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab. Selain itu MTs juga mengharuskan setiap lulusan dari MTs ini harus bisa baca dan tulis Al-Qur’an. Oleh sebab itu madrasah perlu mengembangkan strategi untuk meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al Qur’an peserta didik. Fokus Penelitian Skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar? (2) Bagaimana Metode, Teknik dan Taktik yang digunakan untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar? (3) Bagaimana Hasil Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar? Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk Memahami dan Mendeskripsiskan Proses Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar. (2) Untuk Memahami dan Mendeskripsikan Metode, Teknik dan Taktik yang digunakan untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar. (3) Untuk Memahami dan Mendeskripsikan Hasil Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian lapangan dan rancangan studi kasus. Objek penelitian ini adalah di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Proses Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar yaitu dengan diawali guru mengucap salam, berdoa sebelum pembelajaran dimulai, mengabsen peserta didik, kemudian masuk pada inti pembelajaran yaitu peserta didik membaca Al-Qur’an, pembelajaran diakhiri dengan berdoa lalu peserta didik meminta tanda tangan guru ngaji di kartu kendali mengaji. (2) Metode, Teknik dan Taktik yang digunakan untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar yaitu metode yang digunakan adalah metode klasikal, metode perseorangan, metode ceramah, metode kholasoh dan metode musyafa’ah. Teknik yang digunakan adalah guru menggunakan media papan tulis dan spidol untuk menulis materi yang sedang dijelaskan, dengan tujuan peserta didik tetap bisa mengingat materi ketika sudah lupa dengan cara membaca catatannya kembali. Taktik yang digunakan adalah guru menjelaskan materi dengan berjalan atau menguasai kelas, dengan tujuan agar peserta didik memperhatikan materi yang dijelaskan dan kelas dapat terkondisikan. (3) Hasil Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Baca dan Tulis Al Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Blitar yaitu kualitas membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik mengalami peningkatan, memudahkan guru dalam mengajar mata pelajaran Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab, memudahkan peserta didik melaksanakan uji kompetensi ibadah yang merupakan syarat lulus peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WIDI ASTUTIK 17201163055
Date Deposited: 18 Aug 2020 05:03
Last Modified: 06 May 2021 03:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item