MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR

MUHAMMAD HASYIM ASYARI, 17207163041 (2020) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Madrassah Aliyah Negeri 2 Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Hasyim Asyari dan dibimbing oleh Ibu Hj. Indah Komsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kedisiplinan Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang dinamis perkembangan dan pertumbuhannya tidak akan pernah terhenti sampai kapan pun, selama ada kehidupan manusia di muka bumi. Pendidikan memiliki makna seseorang yang tugasnya membimbing anak dalam pertumbuhannya dapat berdiri sendiri. Seiring berkembangnya waktu dan aturan yang menuntut untuk memberikan pendidikan karakter maka banyak lembaga yang menyisipkan program-program berbasis karakter. Kedisiplinan merupakan salah satu aspek karakter yang menjadi fokus pada penelitian ini. Sejalan dengan itu manajemen kesiswaan sangat diperlukan untuk mengelola kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan kedisiplinan. Dalam hal ini penulis mengambil penelitian di MAN 2 Blitar sebagai objek penelitian. MAN 2 Blitar memiliki kegiatan kedisiplinan yang berbasis umum dan keagamaan. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagiamana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa? 2) Bagiamana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa? 3) Bagiamana pengawasan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kulaitatif. Metode pengumpulan data menggunakan pbservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analissi data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Perencanaan Kegiatan dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MAN 2 Blitar; a) Perencanaan kegiatan kesiswaan dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran, b) Alur perencanaan program kegiatan kedisiplinan siswa, c) Perencanaan kegiatan kedisiplinan siswa dilakukan oleh kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, tim ketertiban dan BK dalam agenda rapat kerja, d) Program kegiatan kesiswaan yang dihasilkan meliputi ekstrakurikuler, tata tertib siswa dan tata tertib keagamaan, dan keputrian 2) Pelaksanaan Kegiatan dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MAN 2 Blitar; a) Kegiatan kedisiplinan siswa di MAN 2 Blitar dilakukan sejak calon siswa akan masuk pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) calon siswa akan dites kedisiplinannya, b) Kegiatan kedisiplinan siswa dilakukan pada awal tahun pelajaran hingga akhir tahun pelajaran dan wajib dilaksanakan oleh seluruh siswa MAN 2 Blitar c) Program kedisiplinan tidak hanya program umum namun juga dari program keagamaan, d) Program kedisiplinan siswa dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. 3) Pengawasan Kegiatan dalam Meningkatkan Kedisiplinan di MAN 2 Blitar; a) Pengawasan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan kedisiplinan dilaksanakan setiap hari sepanjang tahun pelajaran yang sedang berjalan, b) Sistem pencatatan pelanggaran siswa di MAN 2 Blitar menggunakan sistem Online pada website, c) Pengawasan kedisiplinan siswa dilakukan oleh kepala madrasah hingga siswa ikut terlibat dalam pengawasan kedisiplinan yang berlangsung, d) Kedisiplinan siswa tidak hanya memberikan hukuman/sanksi namun juga melakukan pembinaan yang dilakukan oleh BK, dari pembinaan tersebut siswa mengalami perubahan perilaku yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Hasyim Asyari 17207163041
Date Deposited: 29 Jul 2020 05:54
Last Modified: 02 Jun 2021 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15881

Actions (login required)

View Item View Item