SEGMENTASI PASAR, TARGETING, POSITIONING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT BERKAH DAN BMT PETA

INDRI KUSTIORINI, 17401163104 (2020) SEGMENTASI PASAR, TARGETING, POSITIONING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BMT BERKAH DAN BMT PETA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “ Segmentasi Pasar, Targeting, Positioning Dalam Meningkatan Jumlah Nasabah di BMT Berkah dan BMT PETA” ini di tulis oleh Indri Kustiorini, NIM 17401163104, pembimbing Dr. Syafrudin Arif Marah Manunggal, M.S.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa perkembangan lembaga keungan yang setiap tahunnya berkembang dengan pesat. Dari perkembangan tersebut tentunya memiliki sebuah persaingan agar setiap lembaga mendapatkan nasabah yang sesuai dengan targetnya. Dalam pencapaian target tersebut tentunya harus melakukan strategi segmentasi pasar dengan targeting dan positioning yang tepat agar target BMT sesuai yang diinginkan. Segmentasi sangat penting bagi BMT karena dengan segmentasi memungkinkan BMT lebih terfokus dalam mengalokasikan dana. Selain itu, segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market (targeting) akan memberikan suatu acuan dan basis bagi penentuan positioning. Bagaimanapun juga, segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing. Karena konsumen yang terlalu heterogen itulah maka BMT perlu mengelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar dan menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana segmentasi pasar yang dimiliki BMT Berkah dan BMT PETA, (2) Bagaimana targeting yang dimiliki BMT Berkah dan BMT PETA?, (3) Bagaiamana positioning yang dimiliki BMT Berkah dan BMT PETA?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan segmentasi pasar yang dimiliki BMT Berkah dan BMT PETA (2) Untuk mendeskripsikan targeting yang dimiliki BMT Berkah dan BMT PETA (3) Untuk mendeskripsikan positioning yang dimiliki BMT Berkah dan BMT PETA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif , sedangkan data yang diambil adalah menggunakan metode wawancara mendalam dengan manajer, manajer cabang, bagian administrasi dan bagian teller. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama strategi segmentasi pasar, targeting dan ipositioning telah sesuai dengan target yang diinginkan. Kedua, dengan strategi segmentasi pasar memungkinkab BMT Berkah dan BMT PETA Trenggalek lebih terfokus mengalokasikan dana. Ketiga, segmentasi merupakan basis untuk menentukan komponen strategi. Segmentasi yang disertai dengan pemilihan target market (targeting) yang akan memberikan acuan dan basis bagi penentuan positioning. Dari hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa strategi segmentasi pasar, targeting dan positioning dalam peningkatan jumlah nasabah di BMT Berkah dan BMT PETA telah sesuai dengan target dan memberikan kontribusi dalam peningkatan jumlah nasabah. Kata Kunci : segmentasi pasar, targeting, positioning, nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Indri Kustiorini 17401163104
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:21
Last Modified: 09 Jun 2021 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item