PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 TULUNGAGUNG

MIRA PERMATASARI, 17201163161 (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK..pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III..pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (758kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V..pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI..pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mira Permatasari, NIM. 17201163161, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I., NIP. 198605282014032002. Kata Kunci: Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya teori yang menyatakan bahwa model cooperative learning tipe group investigation yang dikembangkan pertama kali oleh Thelan, dimana tipe ini memerlukan norma, struktur kelas, serta komunikasi dan proses kelompok yang baik. Diharapkan siswa dapat secara aktif bekerja sama dengan baik, sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Tetapi di SMAN 1 Tulungagung ini, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Dimana siswa hanya terpacu pada guru saja, sehingga siswa menjadi pasif dan tidak bisa berpikir secara kritis, serta mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, peneliti ingin menguji teori tersebut apakah model cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Dimana siswa yang pasif akan secara aktif berpartisipasi dalam pembelajaran PAI dan hasil belajar akan lebih meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik pertimbangan (purposive sampling). Populasi penelitian adalah seluruh pesertadidik kelas X SMAN 1 Tulungagung, sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, sedangkan kelas X MIPA 4 sebagai kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test (Independent Sample t-test) dan uji MANOVA, yang sebelumnya diuji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, (1) Ada pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung, dengan hasil uji t test angket (post-test) diperoleh nilai Sig.< 0,05, yaitu 0,004 < 0,05, sehingga Ho ditolak H1 diterima; (2) Ada pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung, dengan hasil uji t-test hasil belajar (post-test) diperoleh nilai Sig.< 0,05, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak H1 diterima; (3) Ada pengaruh model cooperative learning tipe group investigation terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Tulungagung, dengan hasil uji MANOVA diperoleh nilai Sig. < 0,05, yaitu 0,004 < 0,05 dan 0,000 < 0,05, sehingga Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MIRA PERMATASARI 17201163161
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:49
Last Modified: 06 May 2021 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15804

Actions (login required)

View Item View Item