PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DEWI KUSUMASTUTI, 17205163020 (2020) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Kusumastuti, NIM. 17205163020, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Kedisiplinan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi karena lingkungan sekolah tidak terlepas dari hubungan interaksi antar teman sebaya. Melalui teman sebaya anak-anak menilai apa yang telah mereka lakukan bersama dengan teman sebayanya, apakah lebih baik, sama dengan temannya, atau lebih buruk dibandingkan temannya. Apabila seorang siswa memiliki teman sebaya yang berpengaruh positif sehingga dapat membantu, mendorong dan memotivasi untuk belajar serta apabila siswa memiliki tingkat kedisiplinan belajar yang tinggi dapat menjadikan siswa terus terdorong untuk belajar sehingga dapat menghasilkan prestasi belajar yang tinggi dan sebaliknya jika teman sebaya yang kurang mendukungnya untuk berprestasi tinggi akan menimbulkan siswa lain kurang berambisi dalam mencapai prestasi belajar yang tinggi. Selain pergaulan teman sebaya, faktor lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar adalah disiplin siswa. Sebetulnya antara kedisiplinan dan teman sebaya sangat mempengaruhi hasil belajar satu sama lain. Karena jika terdapat disiplin belajar yang tinggi dan lingkungan teman sebaya yang mendukung maka hasil belajar siswa akan meningkat dan begitu pula sebaliknya jika disiplin belajar siswa rendah dan lingkungan sebaya kurang mendukung, maka hasil belajar siswa juga akan rendah. Jadi kedua faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kedisiplinan dan hasil belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung 3) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung 4) Untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswa di MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 83 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 43 siswa kelas IV yang terdiri dari 22 siswa kelas IV Musa dan 21 siswa kelas IV Harun. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik yang terdiri dari editing, skoring, dan tabulasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Kedisiplinan dan hasil belajar siswa kelas IV di MI Sabilul Muhtadin tergolong dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor kedisiplinan kelas IV Musa 83,40 kategori sangat baik dan rata-rata skor kedisiplinan kelas IV Harun 86,19 juga termasuk kategori sangat baik. Selain berdasarkan pedoman penilaian tersebut, tingkat kedisiplinan siswa juga dapat dilihat pada daftar hadir atau presensi siswa setiap harinya sebagaimana terlampir. Untuk hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar ulangan harian Akidah Akhlak kelas IV Musa yaitu 87,40 dan kelas IV Harun yaitu 90. Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) untuk mata pelajaran akidah akhlak yakni 73, maka hasil belajar akidah akhlak keseluruhan siswa kelas IV dikatakan berhasil atau tuntas dikarenakan diatas KKM secara keseluruhan, 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan siswa kelas IV di MI Sabilul Muhtadin. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai Fhitung = 12,530 ≥ Ftabel = 3,23 pada signifikan 0,001 ≤ 0,05 untuk N = 43. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas IV di MI Sabilul Muhtadin. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hasil penelitian yaitu nilai Fhitung = 3,393 ≥ Ftabel = 3,23 pada signifikan 0,037 ≤ 0,05 untuk N = 43. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, 4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswa kelas IV di MI Sabilul Muhtadin. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi pada Pillai’s Trasce, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roys Largest Root < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: DEWI KUSUMASTUTI 17205163020
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:02
Last Modified: 06 May 2021 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item