PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

ISNA KHOIRUN NIKMAH, 17201163056 (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar” ditulis oleh Isna Khoirun Nikmah, NIM. 17201163056. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Muniri, M.Pd, NIP. 19681130 200701 1 002. Kata Kunci: Mind Mapping, Kreativitas, Hasil Belajar. Belakangan ini proses pembelajaran di kelas diperlukan sesuatu yang baru. Hal ini selaras dengan tuntutan di era sekarang, yaitu anak dituntut untuk berfikir kreatif agar dapat bersaing dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, guru disarankan untuk tidak hanya menggunakan metode konvesional. Salah satu metode pembelajaran yang tepat agar menarik kreativitas siswa adalah metode pembelajaran mind mapping. Metode mind mapping dapat menyeimbangkan proses belajar dengan cara kerja otak kiri dan kanan. Dengan menggunakan metode mind mapping siswa akan terlatih untuk berfikir kreatif sehingga akan berpengaruh juga dengan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. 2) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. 3) Untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 dan Kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 33. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur kemapuan pengetahuan dan keterampilan siswa. Angket digunakan untuk mengetahui kreativitas siswa. Dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa. Kemudian data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25.0 dengan uji Independent Sample T-Test dan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 4,870 dan nilai sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 4,870 > ttabel = 1,998 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis pada penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. 2) Ada pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ditunjukkan dengan thitung sebesar 9,179 dan sig. sebesar 0,000 yang berarti thitung = 9,179 >ttabel = 1,998 dan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. 3) Ada pengaruh metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar yang ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti < 0,05 sehingga hipotesis penelitian ini dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Srengat Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISNA KHOIRUN NIKMAH 17201163056
Date Deposited: 19 Aug 2020 03:42
Last Modified: 06 May 2021 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

View Item View Item