UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NADYA NOFITA SARI, 17205163210 (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Dasar Pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Nadya Nofita Sari, NIM 17205163210. Pembimbing Nuryani, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci: Upaya Guru, Kemampuan Dasar Seiring perkembangan zaman terutama dalam bidang teknologi banyak peserta didik lupa akan Al-Qur’an dan Hadits. Berbagai upaya dilakukan oleh guru dalam memperkenalkan Al-Qur’an dan Hadits sejak dini menjadi hal yang sangat penting. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang diarahkan untuk menumbuhkembangkan pengetahuan peserta didik terhadap Al-Qur’an dan Hadits sehingga memperoleh pengetahuan mengenai keduanya dengan baik dan benar. Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits di Madrasah Ibtidaiyah menekankan proses kegiatan yang berorientasi pada kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik terhadap kedua sumber ajaran tersebut. Diantaranya adalah kemampuan dalam menulis, membaca, dan menghafal. Untuk itu, guru melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kemampuan dasar pembelajaran Qur’an Hadits tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dasar membaca dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menghafal dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara. Dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan kehadiran, triangulasi sumber, dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap pelaporan. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menulis dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul: Guru memberikan materi menulis sesuai dengan tingkatan kelas, Guru menggunakan metode pembelajaran menulis yang tepat, Guru menggunakan media pembelajaran yang dapat mendukung dalam penyampaian materi menulis di kelas, (2) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dasar membaca dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul: Guru menggunakan metode demonstrasi dan metode drill dalam melatih kemampuan membaca Al-Qur’an maupun Hadits peserta didiknya, Guru memberi contoh bacaan secara jelas dan lugas, Guru selalu memberikan motivasi kepada peserta didiknya, (3) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan dasar menghafal dalam pembelajaran Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlotul Uqul: Mengadakan pembiasaan tadarus Al-Qur’an, Adanya bimbingan khusus untuk tahfidz Qur’an, Membetulkan bacaan peserta didik, Guru menjadwalkan hafalan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: NADYA NOFITA SARI 17205163210
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:08
Last Modified: 07 May 2021 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15671

Actions (login required)

View Item View Item