PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

RACHEL BELLA SARASWATI, 17201163131 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Rachel Bella Saraswati, NIM. 17201163131, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Model Pembelajaran PAIKEM, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena adanya guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang efektif sehingga kurangnya minat dan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Fikih. Karena kurangnya minat peserta didik mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Seharusnya guru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan efektif agar minat dan hasil belajar Fikih peserta didik meningkat. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran PAIKEM tipe Everyone Is A Teacher Here. model pembelajaran PAIKEM tipe Everyone Is A Teacher Here merupakan model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya. Model pembelajaran PAIKEM tipe Everyone Is A Teacher Here melatih siswa untuk lebih aktif dan bisa menjadi guru bagi teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung, (2) Pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung, (3) Pengaruh model pembelajaran PAIKEM terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Sampel berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Angket minat belajar peserta didik, (2) Tes hasil belajar peserta didik, dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test, uji N-gain score, dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran PAIKEM kurang efektif meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini terbukti berdasarkan uji N-gain nilai yang diperoleh sebesar 49,54% sedangkan berdasarkan uji effect size nilai efektivitasnya sebesar 2,7%. (2) Model pembelajaran PAIKEM cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini terbukti berdasarkan uji N-gain diperoleh nilai sebesar 61,22% sedangkan berdasarkan uji effect size nilai efektivitas sebesar 64%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RACHEL BELLA SARASWATI 17201163131
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:15
Last Modified: 06 May 2021 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item