STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

RANITA TRI LESTARI, 17201163408 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Ranita Tri Lestari, NIM. 17201163408, pembimbing Hj. Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd., NIP. 19760518 200701 2 021 . Kata Kunci : Strategi Guru, Kedisiplinan, Peserta didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya generasi penerus bangsa yang saat ini mulai kehilangan kedisiplinan. Krisis kedisiplinan tersebut mengubah sikap generasi bangsa yang berdampak pada perkembangan dirinya. Oleh karena itu, generasi bangsa harus memiliki pengendali diri yang kuat melalui proses pendidikan karakter. Madrasah sebagai lembaga formal bagi generasi bangsa memiliki peranan yang besar dalam membentuk karakter disiplin. Dalam meningkatkan kedisiplinan, banyak hal yang dilakukan madrasah agar peserta didik dapat menjalankan tata tertib dengan baik. Guru harus menjadi figur panutan bagi peserta didik, yangmana harus mampu menjadikan dirinya sebagai uswatun hasanah bagi lingkungan sekitarnya. Guru sebagai pendidik berperan besar dalam membentuk kedisiplinan peserta didik. Oleh sebab itu, guru harus memiliki strategi-strategi dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At Thohiriyah Ngantru Tulungagung? Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yaitu: a) Membuat pedoman program kedisiplinan yang berupa tata tertib peserta didik, yang memuat kewajiban, larangan, jenis-jenis pelanggaran, poin pelanggaran dan konsekuensi dari pelanggaran tersebut; b) Menyusun program kedisiplinan, meliputi pengoperasian buku pribadi siswa, apel pagi, ibadah jamaah, pembelajaran dalam kelas; c) Menentukan sasaran kedisiplinan; d) Memberikan sosialisasi kepada peserta didik dan orang tua/wali mengenai program kedisiplinan di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yaitu: a) Menetapkan tujuan sebagai haluan dalam pelaksanaan program; b) Melaksanakan program kedisiplinan; c) Memberikan keteladanan dan nasehat supaya peserta didik termotivasi untuk disiplin; d) Melakukan pengawasan kepada peserta didik supaya guru dapat mengontrol kedisiplinan; e) Memberikan reward supaya peserta didik bersemangat meningkatkan kedisiplinan; f) Memberikan konsekuensi bagi peserta didik yang melakukan pelanggaran. (3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung, yaitu: a) Menelaah bentuk-bentuk pelanggaran/ketidakdisiplinan yang sering terjadi; b) Mengukur kondisi kedisiplinan peserta didik saat ini dengan standar kedisiplinan yang telah ditetapkan; c) Program kedisiplinan melalui serangkaian kegiatan yang dilakukan guru efektif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MA At Thohiriyah Ngantru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RANITA TRI LESTARI 17201163408
Date Deposited: 03 Jul 2020 07:20
Last Modified: 07 May 2021 03:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item