Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung

SUKMAWATI, ANIS (2014) Pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Anis Sukmawati 3211103004.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, PAI, Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa selama ini pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus belum terlayani dengan baik. Terbukti dengan fasilitas pembelajaran yang masih sedikit, dan hanya beberapa sekolah reguler saja yang bersedia menerima ABK karena khawatir tidak mampu memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Salah satu sekolah tersebut ialah SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Pendidikan adalah hak setiap warga negara, termasuk bagi anak berkebutuhan khusus. Terutama bagi mereka yang beragama Islam, pendidikan agama islam merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk diberikan. Karena agama merupakan bekal serta pedoman hidup bagi manusia. Dalam proses pembelajarannya, mereka butuh penanganan khusus. Oleh karena itu perlu kita ketahui bagaimana pembelajaran tersebut dilakukan. Dengan adanya pembelajaran khusus ini diharapkan ABK memperoleh pengetahuan yang baik mengenai agama Islam. Fokus penelitian antara lain: 1. Bagaimana desain pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung? a) Bagaimana kurikulum yang digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus? b) Apa saja materi PAI yang diajarkan pada Anak Berkebutuhan Khusus? 2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung? a) Bagaimana kriteria guru yang diberi kewenangan untuk mengajar Anak Berkebutuhan Khusus? b) Metode apa yang digunakan untuk mengajarkan pelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus? c) Media apa yang digunakan untuk mengajarkan pelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus? d) Bagaimana evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui hasil pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus? 3. Bagaimana hasil pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus di SD Islam Al Azhaar Tulungagung? Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian terletak di SD Islam Al Azhaar Tulungagung. Adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari Kepala sekolah, guru kelas, guru PAI, dan guru pembimbing khusus. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. a) Kurikulum yang dijadikan acuan dalam pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus ialah kurikulum xv modifikasi, b) Materi PAI yang diajarkan pada Anak Berkebutuhan Khusus sama dengan materi untuk kelas reguler hanya saja tingkat kesulitannya diturunkan. 2.a) Kriteria guru yang diberi kewenangan untuk mengajar Anak Berkebutuhan Khusus adalah guru yang mau menerima keberadaan ABK dengan tulus, dan mau belajar untuk menjadi fasilitator bagi ABK dalam menerima materi; b) Metode yang digunakan untuk mengajarkan pelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus ialah hafalan bacaan, ceramah, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok, dan praktik; c) Media yang digunakan untuk mengajarkan pelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus adalah benda-benda konkret, kartu kata, huruf hijaiyyah, laptop, LCD, proyektor; d) Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui hasil pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus adalah melalui ulangan harian, MID semester, dan ulangan semester. 3) Dari hasil pengamatan peneliti, hasil pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus secara umum nilainya berada di atas rata-rata dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 70. Hanya beberapa ABK dengan kategori tunagrahita berat yang memperoleh nilai sama bahkan di bawah standar minimal. Jadi dapat dikatakan bahwa pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus di SD Islam Al Azhaar telah berhasil

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Nov 2014 02:03
Last Modified: 13 Nov 2014 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item