Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Bangun Ruang Kubus Dan Balok Pada Peserta Didik Kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek

Tiyas, Sulistyorini (2012) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Alat Peraga Bangun Ruang Kubus Dan Balok Pada Peserta Didik Kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB III.doc

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (72kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (35kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.doc

Download (136kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada pembelajaran Matematika di kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik rendah. Salah satu penyebabnya adalah selama ini guru cenderung memakai metode ceramah dalam menyampaikan materi sehingga peserta didik tidak termotivasi dalam belajar dan merasa bosan dengan suasana tersebut. Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran yang baru. Dengan menggunakan alat peraga diharapkan guru mampu menyajikan pelajaran Matematika sesuai karakteristiknya sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika secara mendalam. Rumusan masalah: (1) Bagaimana penggunaan alat peraga bangun ruang kubus dan balok dalam meningkatan prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV MI AL-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek? (2) Bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek setelah diajar dengan menggunakan alat peraga bangun ruang? Tujuan: (1) Untuk mengetahui penggunaan alat peraga bangun ruang dalam meningkatan prestasi belajar matematika pada peserta didik kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek. (2) Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pemanfaatan alat peraga bangun ruang pada peserta didik kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang di gunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian penggunaan alat peraga kubus dan balok, yaitu guru menjelaskan materi dengan memanfaatkan alat peraga tersebut dan melibatkan siswa siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang menggunakan alat peraga kubus dan balok. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun ruang kubus dan balok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil tes yang telah dilaksanakan diperoleh data nilai rata-rata pada Siklus I adalah 66 dan nilai rata-rata pada Siklus II adalah 81. Sedangka ketuntasan peserta didik pada temuan awal adalah 33%, pada siklus I peserta didik tuntas adalah 55% dan siklus II adalah 89%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga bangun ruang kubus dan balok dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pokok bahasan bangun ruang sederhana pada peserta didik kelas IV MI Al-Hikmah Melis Gandusari Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 May 2015 08:36
Last Modified: 08 May 2015 08:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item