INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI STRATEGI ANALOGI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU, TULUNGAGUNG

ELSHINTA AGIDIA DESMARINGE, 17205163252 (2020) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAMI MELALUI STRATEGI ANALOGI PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU, TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Islami Melalui Strategi Analogi pada Pembelajaran IPA di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Elshinta Agidia Desmaringe, NIM 17205163252, pembimbing Prof. Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Internalisasi Nilai-Nilai Islami, Strategi Analogi, Pembelajaran IPA Internalisasi merupakan proses pembejalaran panjang yang dilakukan sejak seorang individu dilahirkan sampai ia hampir meninggal melalui proses penghayatan, pembinaan yang mendalam. Strategi analogi pemahaman konsep dengan cara persamaan suatu bentuk dengan bentuk lainnya, yang mengakibatkan adanya hubungan kesamaan diantaranya sehingga dapat memecahkan masalah yang dihadapi berikutnya Nilai-nilai islami sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga disini peran guru sangat besar dalam pendidikan. Namun pelajaran umum juga pun sangat penting, misalnya pada pembelajaran IPA. Banyak orang yang salah mengartikan bahwa pembelajaran IPA dan ilmu agama ini berbeda, padahal kedua ilmu ini sangat berhubungan dan kedua ilmu ini sama-sama membahas tentang alam semesta. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa Ilmu Pengetahuan Alam ini lahir dari temuan-temuan para ahli, tetapi jika tidak karena kehendak Allah yang menciptakan alam semesta ini belum tentu para ahli ini bisa melakukan temuan-temuan tersebut. Internalisasi nilai-nilai islami adalah menyatukan keberhargaan nilai ke dalam diri seseorang melalui pembiasaan, penanaman, pengorganisasian, pengahayatan, terhadap suatu ajaran untuk dijakan sebagai sikap, perilaku, ucapan dan perbuatan sesuai dengan ajaran Islam. Dalam hal ini peneliti menjelaskan bahwa internalisasi nilai-nilai islami melalui strategi analogi pada pembelajaran IPA. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah proses internalisasi nilai-nilai Islami pada aspek pola sikap dan perilaku kepada Allah di SDIT Al Asror Kedungwaru, Tulungagung (2) Bagaimanakah proses internalisasi nilai-nilai Islami pada aspek pola perilaku kepada sesama manusia di SDIT Al-Asror Kedungwaru, Tulungagung (3) Bagaimanakah proses internalisasi nilai-nilai Islami pada aspek pola perilaku kepada alam di SDIT Al-Asror Kedungwaru, Tulungagung Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai nilai Islami pada aspek pola sikap dan perilaku kepada Allah di SDIT Al-Asror Kedungwaru, Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai Islami pada aspek pola perilaku kepada sesama manusia di SDIT Al-Asror Kedungwaru, Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai Islami pada aspek pola perilaku kepada alam di SDIT Al-Asror Kedungwaru, Tulungagung Metode yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Asror Ringinpitu Kedungwaru Tulungagung. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara digunakan untuk menemukan informasi secara mendalam di SDIT Al-AsrorRinginpitu Kedungwaru Tulungagung, observasi partisipan dilakukan untuk mengetahui lebih dekat tentang objek yang diteliti, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian. Adapun analisis data yang digunakan adalah dengan cara etnografik, yaitu dari catatan lapangan (field note) kemudian akan dilakukan pengkodean, kategorisasi atau klasifikasi kemudian disusun secara sistematis dan selanjutnya akan disusun tema-tema berdasarkan hasil analisis data tersebut. Sebagai bahan pijakan sekaligus pisau analisis bila perlu digunakan teori-teori yang relevan dan hasil penelitian terdahulu yang mendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Internalisasi Nilai-nilai Melalui Strategi Analogi pada Pembelajaran IPA di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Pertama proses internalisasi Nilai-Nilai Islami pada aspek pola sikap dan perilaku kepada Allah melalui pembelajaran berdasarkan materi-materi yang diajarkan kemudian dikaitkan dengan nilai-nilai Islami yang termuat dalam materi tersebut, materi-materi tersebut meliputi kekayaan alam. Kedua proses internalisasi nilai-nilai islami pada aspek pola perilaku kepada sesama manusia melalui beberapa materi yang bersangkutan, misalnya materi anggota tubuh, materi ekosistem, materi proses perkembangan manusia, materi tentang gaya dan gerak. Ketiga proses internalisasi nilai-nilai islami pada aspek pola perilaku kepada alam melalui beberapa cara pembiasaan yang diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dibentuk jadwal piket dan ketika pagi hari selalu menyirami tanaman yang ada disekitar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163252 ELSHINTA AGIDIA DESMARINGE
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:55
Last Modified: 12 Mar 2020 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14792

Actions (login required)

View Item View Item