PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

FITRIA IZAMAZIDAH, 17205163296 (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KELAS V DI MI TARBIYATUSSIBYAN TANJUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020” ini dtulis oleh Fitria Izamazidah, NIM. 17205163296. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dengan pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci: Media scrapbook, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan memiliki peran sebagai pembentukan karakter, penananman nilai-nilai dan pembentukan tingkah laku serta sikap yang dimiliki seseorang. Dalam proses pembelajaran ada pendidik dan peserta didik, Tantangan bagi pendidik adalah menemukan bagaimana cara agar siswa memahami materi dengan benar. Keberhasilan dalam pembelajaran dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu internal dan eksternal. Serta menerapkan 3 aspek yang meliputi aspek afektif, aspek kognitif dan aspek psikomotorik. Faktor eksternal dipengaruhi oleh media yang digunakan saat proses pembelajaran dengan adanya media yang bervariatif maka motivasi dan hasil belajar siswa akan meningkat hal ini sejalan dengan tercapainya proses pembelajaran yang baik. Diharapkan media pembelajaran scrapbook dapat memiliki pengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dalam mempelajari materi rantai makanan dan jaring-jaring makanan. melihat pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2019/2020. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap motivasi belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? (2) Adakah pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? Serta (3) Adakah pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap motivasi dan hasil belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? . Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap motivasi belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020; (2) Untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020; (3) Untuk menjelaskan pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap motivasi dan hasil belajar kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2019/2020.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimentasl design (eksperimen semu), teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling (sampel bertujuan). Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah seluruh peserta kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas V-A dan V-B MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, post test dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T-tes, Anova 2 jalur dan Effect Size, yang sebelumnya telah diuji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Hasil uji T-tes angket motivasi belajar diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,019 < 0,05 sehingga HO ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media scrapbook terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung; 2) Hasil uji T-tes post test diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga HO ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media scrapbook terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung; 3) Hasil uji anova 2 jalur angket motivasi dan post test diperoleh nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga HO ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan media scrapbook terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MI Tarbiyatussibyan Tanjung Kalidawir Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163296 FITRIA IZAMAZIDAH
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:56
Last Modified: 06 Mar 2020 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item View Item