PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NURROHMAH PERMATA SARI, 17205163077 (2020) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI NURUL ISLAM MIRIGAMBAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Game Online terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Nurrohmah Permata Sari, NIM. 17205163077, pembimbing Bapak Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag Kata kunci : game online, motivasi belajar, hasil belajar Era globalisasi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia salah satu dampaknya yaitu game online. Permainan ini sangatlah diminati semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja dan orang dewasa. Karena pada dasarnya game online dibuat untuk mengusir kepenatan setelah seharian bekerja. Tetapi sedikit orang yang bisa menggontrol diri mereka, sehingga game online bisa menjadikan orang yang memainkannya pecandu. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh atau tidaknya game online terhadap motivasi dan hasil belajar pada siswa MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh game online terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitain ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung (2) Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan menggunakan uji independen sample t-test dengan dasar keputusan jika jika nilai sig ˃ 0,05 maka HO diterima dan Ha tolak, pun sebaliknya. Dalam penelitian ini hasil perhitungannya yaitu nilai sig. (2-tailed) Sebesar 0,000 dimana nilai signifikansi ˂ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan artian bahwa adanya pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara game online terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan menggunakan uji independen sample t-test dengan dasar keputusan jika jika nilai sig ˃ 0,05 maka HO diterima dan Ha tolak, pun sebaliknya. Dalam penelitian ini hasil perhitungannya yaitu nilai sig. (2-tailed) Sebesar 0,000 dimana nilai signifikansi ˂ 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan artian bahwa adanya pengaruh game online terhadap hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara game onlineterhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan uji MANOVA dengan dasar keputusan jika nilai sig. (tailed) ˂ 0.05, maka Ho ditolak Ha diterima. Pun sebaliknya. Pada penelitian ini mendapatkan hasil nilai sig. (2- tailed) sebesar 0.039. Dimana signifikansi ˂ 0,05. hal ini ditunjukkan bahwa adanya pengaruh game onine terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MI Nurul Islam Mirigambar Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163077 NURROHMAH PERMATA SARI
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:33
Last Modified: 02 Mar 2020 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14665

Actions (login required)

View Item View Item