STRATEGI KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI PADA PESERTA DIDIK MAN 1 TULUNGAGUNG

LUTHFI NUR HIDAYAH, 17201163158 (2020) STRATEGI KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAK TERPUJI PADA PESERTA DIDIK MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Guru Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Akhlak Terpuji pada Peserta Didik MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Luthfi Nur Hidayah, NIM. 17201163158, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Akhlak Terpuji. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin modern, diantaranya berkembangnya macam-macam teknologi, informasi, serta komunikasi yang semakin canggih yang secara tidak langsung hal ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari termasuk akhlak serta moral dari peserta didik. Sehingga dalam suatu pendidikan guru memiliki berbagai macam strategi komunikasi pada peserta didik agar apa yang dilakukan peserta didik tetap berakhlak terpuji. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi informatif guru Pendidikan Agama Islam untuk membentuk akhlak terpuji pada peserta didik di MAN 1 Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi komunikasi persuasif guru Pendidikan Agama Islam untuk membentuk akhlak terpuji pada peserta didik di MAN 1 Tulungagung?, (3) Bagaimana strategi komunikasi koersif guru Pendidikan Agama Islam untuk membentuk akhlak terpuji pada peserta didik di MAN 1 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi informatif, persuasif serta koersif untuk membentuk akhlak terpuji pada peserta didik MAN 1 Tulungagung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan pengecekan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi komunikasi informatif ini dilakukan melalui dua cara, yakni melalui penyampaian materi yang berada di kelas atau saat pembelajaran dan melalui kegiatan PHBI dan kegiatan keagamaan lainnya yang di yang ada di madrasah, dengan startegi komunikasi yang digunakan adalah strategi pemberian pesan serta nasehat dan strategi membimbing dari guru. (2) Strategi komunikasi persuasif yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam untuk membentuk akhlak terpuji pada peserta didik adalah dengan strategi membujuk atau mengajak, strategi merangkul, strategi kabar gembira dan strategi keteladanan. (3) Strategi komunikasi koersif yang dilakukan guru adalah strategi antisipasi, memberi peringatan dan memberi hukuman yang mendidik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163158 LUTHFI NUR HIDAYAH
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:55
Last Modified: 03 Mar 2020 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

View Item View Item