PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V DI MIN 14 BLITAR

ILMI ZATUL KHOIRIYAH, 17205163079 (2020) PENGGUNAAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS V DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Ilmi Zatul Khoiriyah, NIM. 17205163079, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, di Bimbing oleh Bapak Muhammad Zainul Arifin. M.Pd.I Kata Kunci: Metode Picture and Picture, Pembelajaran , IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang banyak terjadi disekolah dimana dari segi siswa masih kurang efektif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dikarenakan kurangnya motivasi belajar sehingga berdampak kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, hal ini mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. melalui metode picture and picture diharapkan dapat menumbuhkan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, menambah keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan membantu guru dalam penyampaian materi dan membantu siswa memahami materi yang disampaikan guru sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran pada pembelajaran IPA. Dari latar belakang itulah penulis berkeinginan membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Penguunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar; (2) Bagaimana Pelaksanaan Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar; (3) Bagaimana Evaluasi Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk Mengetahui Perencanaan Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); (2). Untuk Mengetahui Pelaksanaan Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa); (3). Untuk Mengetahui Evaluasi Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan keikut sertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi Hasil penelitian ini adalah 1). Perencanaan Penggunaan Metode Picture and Picture pada pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar berupa: a). kegiatan perencanaan sebelumnya guru membuat RPP; b) Mencari gambar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan; c) Melihat kondisi siswa dan menyesuaikan dengan kebutuhan dikelas. 2). Pelaksanaan Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 14 Blitar langkah-langkah pelaksanaan penggunaan metode picture and picture sesuai dengan pedoman atau sesuai dengan RPP. a). Guru menyampaiakn kompetensi yang ingin dicapai; b) Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan c) Guru menunjuk atau memperlihatkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi; d) guru memanggil siswa secara berkelompok untuk mengurutkan dan diminta memberikan alasan; e) Guru menanyakan alasan dan mulai menanamkan konsep atau materi. 3). Evaluasi Penggunaan Metode Picture and Picture pada Pembelajaran IPA, evaluasi bertujuan agar guru dapat mengatahui sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan dalam evaluasi ini ada beberapa penilaian 1). Kognitif; 2) Afektif; 3) Psikomotorik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163079 ILMI ZATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 28 Feb 2020 06:40
Last Modified: 28 Feb 2020 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14646

Actions (login required)

View Item View Item