STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG

BELLA ROSALINA, 17207163011 (2020) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung” disusun oleh Bella Rosalina, 17207163011, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Kepala Madrasah, Motivasi Kerja, Guru Penelitian ini membahas tentang Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Kepala madrasah sebagai pemimpin suatu lembaga madrasah memiliki peran penting terhadap kinerja para guru. Yaitu ia harus mampu mengelola sumber daya manusia yang dimiliki dengan efektif dan efesien agar produktivitas kerja meningkat sehingga dalam perwujudan visi misi dan tujuan lembaga dapat terlaksana dengan baik. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (2) Bagaimana langkah-langkah kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung?. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mengetahui motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (2) Untuk mengetahui langkah-langkah kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan mengambil latar strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Sumber data yang di ambil dari kepala madrasah, para waka dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Bentuk motivasi kerja di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung adalah terdapat upaya guru untuk meningkatkan keterampilan dan keahlihan yang dimiliki. (2) langkah kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru berdasarkan fungsi-fungsi manajemen diantaranya perencanaan yang dilakukan dengan menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif, pengorganisasian berdasarkan pada struktur organisasi, pelaksanaan yaitu strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru diantaranya pemberian penghargaan, meningkatkan keterampilan dan keahlihan guru, pemberian nasihat, dan menerapkan kedisiplinan. Lalu dalam pengendalian hal yang diterapkan kepala madrasah adalah dengan pengawasan, baik secara individu maupun kelompok. (3) Faktor pendukung kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru adalah suasana kerja yang nyaman dan penuh dengan rasa kekeluargaan. Dan faktor penghambatnya yaitu rendahnya kesadaran guru terhadap partisipasi dan kehadirannya dalam mengikuti kegiatan yang ada di madrasah. Lalu Solusi yang dipilih kepala madrasah untuk memperbaiki hambatan tersebut adalah dengan menerapakan kedisiplinan dan juga memberikan pemahaman pada guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163011 BELLA ROSALINA
Date Deposited: 28 Feb 2020 01:29
Last Modified: 28 Feb 2020 01:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item