STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020

MOHAMAD TOYIB ATTAMAMI, 17201153494 (2020) STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Pembinaan Akhlaq merupakan proses yang dilakukan seseorang atau pendidik dengan menggunakan metode yang tepat agar siswa mempunyai perilaku yang baik atau khasanah. Pembelajaran akhlak seharusnya dijadikan prioritas utama dalam kegiatan belajar mengajar, karena akhlak merupakan roh dari semua mata pelajaran yang diajarkan. Maka dari itu proses pembinaan akhlak pada siswa merupakan suatu momentum untuk mengatasi segala macam tindakan siswa yang menjurus kepada kejahatan, sehingga pembinaan atau bimbingan dapat memberikan jalan pemecahan dari segala macam problem yang dihadapi para siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri?. (2) Bagaimana strategi guru dalam menghindari akhlak madzmumah siswa di MAN 2 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan memahami strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri. (2) Untuk mengetahui dan memahami strategi guru dalam menghindari akhlak madzmumah siswa di MAN 2 Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kediri. Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipatif serta dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan cara interaktif yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri memiliki tiga tahapan, yang pertama yaitu dengan strategi memberi contoh teladan, Yang kedua dengan strategi pembiasaan, Dan yang ketiga memberikan arahan. Selanjutnya mengenai strategi guru dalam menghindari akhlak madzmumah siswa di MAN 2 Kediri ada tiga tahapan, yang pertama dengan cara pemantauan, Yang kedua dengan pengarahan, Dan yang ketiga yaitu pembiasaan. Adapun hasil dari strategi guru dalam membina akhlak mahmudah siswa di MAN 2 Kediri yaitu berakhlakul karimah, dengan adanya contoh teladan guru, arahan, pembiasaan dan pemantauan, siswa tampak terbiasa berbuat, berkata dan berakhlak sesuai ajaran islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TOYIB 17201153494 MOHAMAD TOYIB ATTAMAMI
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:28
Last Modified: 29 Jan 2020 08:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14432

Actions (login required)

View Item View Item