PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDI MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

EKA NOVIANTI, 17205163241 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDI MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eka Novianti, 17205163241, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang masih banyak yang rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang cenderung membosankan, kurang menarik dan masih berpusat oleh guru. Salah satu cara untuk membuat peserta didik lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Melalui model pembelajaran ini diharapkan peserta didik dapat termotivasi dalam proses pembelajaran dan mencapai hasil belajar di atas rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap motivasi belajar peserta didik kelas II mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas II mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas II mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung dan sampel yang diambil adalah peserta didik kelas II-A dan II-B. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes (post-test) sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan uji Manova dengan uji validitas dan reliabilitas sebagai uji instrumen dan uji homogenitas dan normalitas sebagai uji prasyarat hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap motivasi belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, (3) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDI Miftahul Huda Kedungwaru Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205163245 Eka Novianti
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:23
Last Modified: 28 Jan 2020 01:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item