PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FANNY ASNITA ANGGUNSARI, 17205163245 (2020) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM MIFTAHUL HUDA KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (729kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (527kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (297kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020, ditulis oleh Fanny Asnita Anggunsari, NIM 17205163245 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Dr. H. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata kunci: perpustakaan, minat belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kenyataan perpustakaan di Sekolah Dasar yang masih belum maksimal dalam pencapaian tujuan proses pembelajaran di sekolah. Hal tersebut ditandai dengan kurang minat belajar siswa. Minat belajar akan menjadi meningkat bagi siswa apabila perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik. Jika tidak, maka perpustakaan yang sudah disediakan oleh sekolah tidak berarti apa-apa. Dengan adanya pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung, keberadaan perpustakaan bukan lagi hanya sekedar tempat meminjam buku. Melainkan tempat untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelayanan perpustakaan di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020? Penelitian ini dilakukan di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji kredibilitas, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian mengenai pemanfataan perpustakaan untuk menumbuhkan minat belajat siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung menunjukkan bahwa: 1) Kondisi minat belajar siswa di SDI Miftahul Huda adalah sudah baik. 2) proses pelayanan perpustakaan di SDI Miftahul Huda yaitu proses pelayanan yang secara manual dan terstruktur, ada 4 tahap yaitu siswa menyerahkan kartu anggota perpustakaan kepada petugas perpustakaan, siswa diarahkan oleh petugas untuk mencari buku yang ingin mereka baca atau mereka pinjam, diperuntukkan siswa yang meminjam buku, sebelum keluar ruang perpustakaan siswa wajib menunjukkan buku dan kartu peminjaman dan yang terakhir petugas perpustakaan akan melakukan pencatatan buku pinjaman didalam kartu peminjaman buku siswa. 3) pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung yaitu menjadikan pemaksimalan fungsi perpustakaan sebagai penanaman sikap sadar penting membaca, tempat belajar, rekreasi dan sarana pembentukan sikap disiplin siswa. 4) Faktor pendukung dalam pemanfaatan perpustakaan untuk menumbuhkan minat belajar yaitu sarana prasarana, adanya kegiatan lomba-lomba atau program dari sekolah bukan hanya kelas untuk memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan, dan kerjasama yang baik antar warga sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak adanya pegawai khusus perpustakaan, mood siswa yang mudah berubah dan karakteristik siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Skripsi 17205163245 Fanny Asnita Anggunsari
Date Deposited: 27 Jan 2020 08:50
Last Modified: 27 Jan 2020 08:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item