PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP BUDI PEKERTI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

HANIFATUL MUKAROMAH, 17201163013 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP BUDI PEKERTI SISWA DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga Terhadap Budi Pekerti Siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung” ini di tulis oleh Hanifatul Mukaromah, NIM. 17201163013. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H.Akhyak, M.Ag, NIP. 19671029 199403 1 004 Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam di Lingkungan Keluarga, Budi Pekerti Siswa Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa keluarga adalah merupakan tempat pertama kalinya anak mendapatkan pendidikan yang di mulai dari masa pre-natal yang merupakan unsur terpenting dalam penanaman pendidikan agama Islam. Begitu pula sikap anak terhadap agama, dibentuk pertama kali di rumah dan pendidikan agama yang di berikan oleh orang tua kepada anaknya. Dengan melihat kenyataan yang ada pada siswa bahwa budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung sangat kurang baik karena kurangnya mendapatkan pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga. Rumusan masalah: (1) Adakah pengaruh pendidikan keimanan di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh pendidikan akhlak di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung ?, (3) Adakah pengaruh pendidikan ibadah di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung?, (4) Adakah pengaruh yang signifikan antara pendidikan keimanan, akhlak, dan ibadah di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP negeri 1 Ngantru Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan keimanan di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan akhlak di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh pendidikan ibadah di lingkungan keluarga di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, (4) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pendidikan keimanan, akhlak, dan ibadah di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP negeri 1 Ngantru Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, yang terdiri dari 966 siswa. Dengan tekhnik Proportionate stratified random sampling diperoleh sampel 96 siswa. Variabel bebas: Pendidikan keimanan (X1), Pendidikan akhlak (X2), Pendidikan ibadah (X3). Variabel terikat: Budi pekerti siswa. Sumber data: Responden dan Dokumen. Tekhnik pengumpulan data: angket. Tekhnik analsis data: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linieritas, uji T dan Uji F dengan bantuan SPSS for windows 16.0 Hasil penelitian: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan keimanan di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2,989 dan ttabel =1,986 dengan taraf signifikansi 0,05 yang di simpulkan thitung > ttabel (2,989>1,986) maka Ha diterima dan H0 di tolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan akhlak di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,402 dan ttabel =1,986 dengan taraf signifikansi 0,05 yang di simpulkan thitung > ttabel (3,402>1,986) maka Ha diterima dan H0 di tolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan ibadah di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai thitung = 2,119 dan ttabel =1,986 dengan taraf signifikansi 0,05 yang di simpulkan thitung >ttabel (2,119 >1,986) maka Ha diterima dan H0 di tolak. (4) Terdapat pengaruh signifikan secara bersama sama antara pendidikan keimanan, pendidikan akhlak, pendidikan ibadah di lingkungan keluarga terhadap budi pekerti siswa di SMP Negeri 1 Ngantru Tulungagung, yang di tunjukkan oleh nilai Fhitung = 8,758 dan Ftabel = 2,70 dengan sig = 0,000 yang dapat disimpulkan Fhitung > Ftabel (8,758>2,70) atau sig < α (0,000 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163013 HANIFATUL MUKAROMAH
Date Deposited: 27 Jan 2020 08:40
Last Modified: 27 Jan 2020 08:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14350

Actions (login required)

View Item View Item